Sabtu, 20/04/2024 14:28 WIB

BKSAP DPR Perjuangkan Dua Draft Resolusi di General Asembly AIPA

Ketua BKSAP DPR, Fadli Zon memimpin delegasi Indonesia dalam sidang Komisi Politik di General Asembly AIPA ke 41 yang diselenggarakan secara daring, Rabu (9/9).

Ketua BKSAP DPR, Fadli Zon

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Fadli Zon memimpin delegasi Indonesia dalam sidang Komisi Politik di General Asembly AIPA ke 41 yang diselenggarakan secara daring, Rabu (9/9).

Dalam sidang tersebut politisi Gerindra itu juga didampingi oleh Putu Supadma Rudana yang merupakan Wakil Ketua BKSAP DPR RI dan Didi Irawady Samsudin dari Fraksi Demokrat sebagai anggota delegasi.

"Delegasi Indonesia memperjuangkan dua draft resolusi. Yang pertama mengenai pentingnya stabilitas kawasan di masa pandemi khususnya dalam konteks isu Laut Tiongkok Selatan, dan yang kedua mengenai Bantuan Kemanusiaan bagi Pengungsi Rohingya di Rakhine," kata Fadli.

Mengenai draft resolusi pertama, Fadli Zon menekankan pentingnya stabilitas dan perdamaian di kawasan terutama pada masa pandemi Covid-19. Hal itu guna memperkuat kerjasama antar negara ASEAN dalam mengurangi penyebaran Covid-19 dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan.

Sedangkan terkait draft resolusi kedua, Fadli menyesalkan pendirian Parlemen Myanmar yang menolak usulan DPR RI tentang perlunya penguatan dari parlemen atas kesepakatan diantara pemerintah negara ASEAN.

"Terkait dukungan bagi Myanmar untuk memberikan bantuan kemanusiaan, menjamin proses repatriasi yang aman dan bermartabat bagi para pengungsi Rohingya di Rakhine. Terlebih, ketika masalah di Rakhine tersebut telah menciptakan efek "spill over" di kawasan," katanya.

Menurutnya, efek "spill over" yang dimaksud mengarah kepada manusia perahu dari Rakhine yang menjadi perhatian tidak hanya Indonesia, tetapi juga sebenarnya negara lain di kawasan, terutama pada masa pandemi ini.

"Posisi DPR RI terkait isu kemanusiaan di Rakhine, kukuh bahwa apabila Komisi Politik tidak dapat mencapai konsensus atas usulan Indonesia, maka Sidang Komisi Politik pada AIPA General Assembly tahun ini, tidak bisa menghasilkan Resolusi apapun," kata Fadli.

KEYWORD :

Draft Resolusi BKSAP DPR General Asembly AIPA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :