Kamis, 18/04/2024 09:35 WIB

Lawan AS, China akan Luncurkan Inisiatif Aturan Keamanan Data Global

Beberapa bulan terakhir, Pemerintahan Presiden AS Donald Trump dalam beberapa telah memperketat pembatasannya pada perusahaan China, dengan alasan masalah keamanan nasional.

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi berpidato dalam Konferensi Keamanan Munich ke-56 di Bayerischer Hof Hotel di Munich, Jerman pada 15 Februari 2020.

Beijing, Jurnas.com - Pemerintah China meluncurkan inisiatif untuk menetapkan standar global pada keamanan data, melawan upaya Amerika Serikat (AS) untuk membujuk negara lain untuk memagari jaringan mereka dari teknologi China. 

Wall Street Journal (WJS) mengutip draf yang telah ditinjau melaporkan, di bawah Inisiatif Global tentang Keamanan Data," China akan meminta semua negara untuk menangani keamanan data secara "komprehensif, obyektif dan berbasis bukti

Inisiatif tersebut akan mendesak negara untuk menentang pengawasan massal terhadap negara bagian lain dan menyerukan kepada perusahaan teknologi untuk tidak memasang pintu belakang dalam produk dan layanan mereka untuk secara ilegal mendapatkan data pengguna, mengontrol atau memanipulasi sistem dan perangkat pengguna.

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi dijadwalkan mengumumkan inisiatif tersebut pada Selasa (8/9) di sebuah seminar di Beijing tentang tata kelola digital global, kata laporan itu.

WJS mengatakan, Wang Yi sudah mendekati sejumlah pemerintah asing untuk mencari dukungan mereka bagi inisiatif baru Beijing

Beberapa bulan terakhir, Pemerintahan Presiden AS Donald Trump dalam beberapa telah memperketat pembatasannya pada perusahaan China, dengan alasan masalah keamanan nasional.

Washington juga meluncurkan inisiatif "Jaringan Bersih" untuk mengecualikan perusahaan teknologi China yang dianggap mengancam keamanan nasional.

Secara terpisah, Trump pada Senin (7/9) mengangkat gagasan untuk memisahkan ekonomi AS dan China, menyarankan Amerika Serikat tidak akan kehilangan uang jika dua ekonomi terbesar dunia itu tidak lagi berbisnis. (Channelnewsasia)

KEYWORD :

Teknologi China Amerika Serikat Perang Dagang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :