Kamis, 25/04/2024 11:42 WIB

Cagub Kembalikan Dukungan, Ketua PDIP Sumbar: Secara Pribadi Saya Kecewa

DPD PDIP Sumbar bersikap untuk tidak lagi mengikuti Pilgub 2020.

Kerua DPD PDIP Sumbar Alex Indra Lukman

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat (Sumbar) Alex Indra Lukman atas nama pribadi mengaku kecewa terhadap keputusan pasangan Mulyadi - Ali Mukhni yang mengembalikan dukungan PDIP untuk Pilgub Sumbar 2020.

"Sehubungan dengan rekaman Ali Mukhni yang mengembalikan rekomendasi dan pernyataan Mulyadi belum adanya B1KWK yang diserahkan, secara pribadi saya sangat kecewa," ungkap Alex dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (6/9/2020)

Terlebih, kata Alex, pernyataan itu diketahuinya dari media massa, atau tidak disampaikan secara langsung. Seharusnya sebagai orang yang dituakan, Mulyadi dan Ali Mukhni bisa memberikan teladan, datang nampak muka, pergi nampak punggung. 

"Kemarin orang yang sama mewakili paslon mengembalikan B1KWK kepada kami. Dengan demikian drama yang ngalor-ngidul ini telah mencapai ujungnya," jelasnya.

Dengan demikian, Alex mengatakan bahwa DPD PDIP Sumbar bersikap untuk tidak lagi mengikuti Pilgub 2020. Sikap ini akan diajukan pada DPP PDIP.

"Karena bagi kami berpolitik bukan hanya soal menang kalah, tidak sekedar tentang kontestasi atau pilkada, tetapi lebih pada membangun dan menjaga tata nilai," tegas Alex. 

Alex juga mengajak kader dan simpatisan PDI Perjuangan mengonsolidasikan barisan untuk tetap melaksanakan arahan Ketua Umum PDI Megawati Soekarnoputri, juga pesan Puan Maharani untuk tetap berjuang merebut simpati masyarakat Sumbar dengan mengamalkan Pancasila. 

"Kita sudah teruji tetap konsisten dalam menghadapi apa pun bentuk dinamika politik, dan kita tidak usah marah bila ada pihak yang belum berpengalaman dalam mengatasi ini," kata Alex.

Alex menceritakan, tahapan Pilgub Sumbar 2020 ini sudah dimulai sejak tahun lalu, tetapi tertunda akibat pandemi sehingga sudah melalui waktu dan porses yang sangat panjang.

Proses di partai dimulai saat para calon mendaftar yang kemudian dipelajari secara saksama. Antara lain rekam jejak, elektabilitas yang diukur dengan metode survei sebelum diambilkan keputusan

Mantan anggota DPR RI ini menerangkan, Puan sudah mengumumkan dukungan partai terhadap Mulyadi - Ali Mukhni sebagai Cagub dan Cawagub Sumbar 2020.

Keputusan partai ini menunjukkan bagaimana PDI Perjuangan melakukan seleksi calon secara objektif. Karena Mulyadi dan Ali Mukhni adalah kader Demokrat dan PAN yang posisi politiknya saat ini berada di luar pemerintahan. 

"Kami juga tidak pernah menyimpan dendam atau sakit hati terkait Pilpres ataupun Pileg, terbukti yang kami usung adalah Ketua PAN Sumbar pada saat itu meski dua kursi DPR RI direbut oleh PAN," jelas dia. 

KEYWORD :

Sumatera Barat Puan Maharani Pilkada 9 Desember 2020 Alex Indra Lukman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :