Kamis, 18/04/2024 19:19 WIB

Sengketa Mediterania Timur, Turki Beri Ancaman Keras untuk Yunani

kedua negara telah lama berselisih tentang hak eksplorasi minyak dan gas di daerah tersebut

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (Foto: Murat Kaynak / Anadolu)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengancam menindak keras Yunani jika negara itu tidak mengadakan pembicaraan dengan Turki mengenai sengketa klaim teritorial di Mediterania timur.

Sebelumnya, kedua negara telah lama berselisih tentang hak eksplorasi minyak dan gas di daerah tersebut, dengan Turki juga berselisih dengan Siprus atas masalah yang sama.

Semua pihak telah mengerahkan angkatan laut dan udara untuk menegaskan klaim mereka di wilayah tersebut.

"Mereka akan memahami bahasa politik dan diplomasi, atau di lapangan dengan pengalaman menyakitkan," kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dilansir Euronews, Minggu (06/09).

"Mereka akan memahami bahwa Turki memiliki kekuatan politik, ekonomi dan militer untuk merobek peta dan dokumen tidak bermoral yang diberlakukan," tambah Erdogan, merujuk pada daerah yang ditandai oleh Yunani dan Siprus sebagai zona maritim ekonomi mereka.

Dia menekankan bahwa Turki siap untuk setiap kemungkinan dan hasil dari pembicaraan tersebut.

Sebuah surat kabar Turki sementara itu melaporkan bahwa tank-tank sedang dipindahkan ke perbatasan Yunani.

Surat kabar Cumhuriyet mengatakan 40 tank diangkut dari perbatasan Suriah ke Edirne di barat laut Turki dan membawa foto-foto kendaraan lapis baja yang dimuat ke truk.

Seorang pejabat militer yang berbicara tanpa menyebut nama sejalan dengan peraturan pemerintah mengatakan pengerahan itu adalah gerakan pasukan reguler dan tidak terkait dengan ketegangan dengan Yunani.

Komentar presiden itu muncul setelah NATO mengatakan perwira militer dari Yunani dan Turki telah memulai diskusi teknis untuk mengurangi risiko konflik atau kecelakaan bersenjata.

Kedua sekutu NATO telah dikurung selama berminggu-minggu dalam ketegangan yang menegangkan.

Turki telah melakukan eksplorasi dasar laut untuk mendapatkan cadangan energi di wilayah yang diklaim Yunani sebagai landas kontinennya.

Sabtu lalu, 28 Agustus, ketegangan meningkat lebih lanjut setelah Turki meluncurkan latihan militer baru di daerah tersebut.

Erdogan mengatakan Turki telah berulang kali menyatakan kesediaannya untuk mencapai kesepakatan yang adil.

“Kata-kata kami tulus,” katanya. “Masalahnya adalah mereka yang berada di hadapan kita mengabaikan hak-hak kita dan mencoba menempatkan diri mereka di atas kita.”

Turki menghadapi banyak lawan di Mediterania timur. Seperti Prancis, Italia, dan Uni Emirat Arab semuanya telah mengirim pasukan untuk bergabung dalam permainan perang dengan Yunani atau Siprus dalam beberapa pekan terakhir.

Sementara itu, Mesir telah menandatangani kesepakatan eksplorasi energi dengan Athena untuk Mediterania.

Uni Eropa, yang menghitung Yunani dan Siprus sebagai anggota, juga mengancam kemungkinan sanksi terhadap Ankara atas tindakan "ilegal" -nya.

Krisis baru-baru ini adalah yang paling serius dalam hubungan Turki-Yunani dalam beberapa dekade. Tetangga telah berada di ambang perang tiga kali sejak pertengahan 1970-an, termasuk sekali atas sumber daya laut di Laut Aegea

KEYWORD :

Presiden Turki Mediterania Timur Pemerintah Yunani Sengketa Wilayah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :