Sabtu, 20/04/2024 04:38 WIB

DPR Perjuangkan Kepentingan Indonesia di Forum Internasional

Konstitusi memberi mandat kepada DPR RI untuk mendukung dan memperkuat pelaksanaan politik luar negeri Indonesia melalui fungsi diplomasi parlemen.

Ketua DPR, Puan Maharani

Jakarta, Jurnas.com - Konstitusi memberi mandat kepada DPR RI untuk mendukung dan memperkuat pelaksanaan politik luar negeri Indonesia melalui fungsi diplomasi parlemen.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, selama Tahun Persidangan 2019-2020, delegasi DPR RI telah menghadiri sejumlah pertemuan forum kerja sama antarparlemen multilateral ataupun regional.

“Dalam berbagai kesempatan forum-forum tersebut, DPR menyampaikan dan memperjuangkan pandangannya atas sejumlah isu internasional, antara lain mengenai perdamaian di Timur Tengah, terutama terkait upaya mewujudkan bangsa Palestina yang merdeka,” jelas Puan dalam pidato laporan kinerja DPR RI pada Rapat Paripurna DPR RI dalam rangka HUT DPR RI ke-75, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/9).

Selain itu, masih kata Puan, DPR RI juga DPR RI juga memperjuangkan pandangan atas pentingnya stabilitas dan perdamaian di Laut China Selatan, krisis kemanusiaan Rohingya, pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, kolaborasi untuk membangun kapabilitas dan kapasitas bersama dalam menghadapai pandemi covid-19 dan ancaman resesi dunia hingga isu lainnya yang berkaitan dengan kepentingan nasional.

Politisi PDI-Perjuangan itu menambahkan, saat ini DPR RI telah menjalin kerja sama dengan 102 negara dalam forum Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPRI RI-Parlemen Negara Sahabat untuk mengembangkan, membina, dan meningkatkan hubungan kerja sama bilateral.

Pada situasi sulit yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19, pimpinan DPR RI mengajak seluruh anggota DPR untuk memperkuat gotong royong bersama rakyat dalam menangkal penyebaran Covid-19 dan membangun ketahanan sosial rakyat Indonesia.

“75 Tahun DPR RI telah menjalankan tugas konstitusionalnya. Saat ini, menjadi panggilan sejarah bagi kita semua, Anggota DPR RI periode 2019-2024, untuk ikut mengambil peran dan tanggung jawab dalam menghadirkan negara yang mensejahterahkan rakyat Indonesia, memajukan Indonesia, dan mempersatukan Indonesia. Atas nama Pimpinan DPR RI dan Anggota DPR RI, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan dan mandat untuk melaksanakan kedaulatan rakyat," tutup legislator dapil Jawa Tengah V itu.

KEYWORD :

HUT DPR ke-75 Kinerja DPR Pimpinan DPR Puan Maharani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :