Kamis, 25/04/2024 20:58 WIB

Imbas Covid-19, Ekonomi Turki Anjlok

Ekonomi Turki berkontraksi 9,9% tahun-ke-tahun pada kuartal kedua tahun ini, 

Warga Turki merayakan selama upacara memperingati ulang tahun pertama upaya kudeta yang gagal di Jembatan Bosphorus di Istanbul, Turki, pada 15 Juli 2017. File Foto oleh Tolga Bozoglu / EPA-EFE

Jakarta, Jurnas.com - Ekonomi Turki mengalami penurunan 9,9% tahun-ke-tahun pada kuartal kedua tahun ini, otoritas statistik negara itu mengumumkan Senin (31/08) waktu setempat .

Produk domestik bruto (PDB) dengan harga saat ini mencapai 1,04 triliun lira Turki ($ 153,18 miliar) pada periode April-Juni, menurut Institut Statistik Turki (TurkStat).

Selama kuartal kedua tahun ini, beberapa negara - termasuk Turki - menghadapi kesulitan ekonomi akibat langkah-langkah untuk membendung pandemi covid-19, seperti lockdown dan pembatasan perjalanan.

"PDB yang disesuaikan secara musiman dan kalender dengan indeks volume terkait rantai turun 11% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya," kata lembaga itu dilansir Middleeast, Selasa (01/09).

Mengingat aktivitas yang merupakan produk domestik bruto, kata TurkStat, nilai tambah meningkat 4% di sektor pertanian year-on-year di kuartal kedua.

Jasa - perdagangan grosir dan eceran, transportasi, penyimpanan, akomodasi dan kegiatan jasa makanan - dan nilai tambah sektor industri turun 25% dan 16,5% setiap tahun.

Pengeluaran konsumsi akhir pemerintah turun 0,8 sementara pembentukan modal tetap bruto turun 6,1% pada kuartal kedua tahun 2020 dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

“Kompensasi karyawan meningkat 0,5% dan surplus operasi bersih / pendapatan campuran turun 2,4% pada kuartal kedua tahun 2020 dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya, masing-masing,” kata lembaga itu.

Sekelompok 17 ekonom yang disurvei oleh Anadolu Agency pada hari Kamis telah memproyeksikan ekonomi Turki menyempit 11% secara tahunan pada kuartal kedua tahun ini.

Perkiraan ekonom berkisar antara minus 7% dan minus 15%. Para ekonom juga memperkirakan bahwa PDB tahunan Turki pada tahun 2020 akan menyusut rata-rata 1,8%. PDB negara itu meningkat 4,5% pada kuartal pertama tahun ini, dan 0,9% pada 2019.

Sebelum dimulainya krisis virus korona baru, ekonomi diperkirakan tumbuh 5% pada tahun 2020 seperti yang tercantum dalam program ekonomi baru negara yang diumumkan September lalu.

KEYWORD :

Ekonomi Turki Pandemi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :