Kamis, 25/04/2024 14:46 WIB

Optimalkan Peran Kostratani, Bapeltan Jambi Sosialisasi di Kabupaten Merangin

ransformasi seluruh BPP di Indonesia menjadi BPP Kostratani akan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2021

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi melakukan sosalisasi di Kabupaten Merangin.

Jambi, Jurnas.com –  Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi melakukan sosalisasi di Kabupaten Merangin. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian untuk mentransformasikan seluruh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) menjadi BPP Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani).

 

Bapeltan Jambi sebagai UPT  Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menindak lanjuti arahan Mentan dan Kepala BPPSDMP tersebut dengan melakukan safari dalam rangka sosalisasi Kostratani di beberapa BPP kostratani di Kabupaten Merangin, yaitu BPP Tabir Ulu, Tabir, dan Tabir Lintas.

Kepala Bapeltan Jambi, Zahron Helmy mengatakan, jajarannya ingin membumikan tugas fungsi lembaganya melalui pendekatan dengan pemerintah daerah sebagai tugas meningkatkan kapasitas SDM pertanian.

"Selain meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM, Bapeltan Jambi juga bertugas mensosialisasikan kebijakan dan program-program strategis yang harus ditingkatkan di tingkat daerah," ujar Helmy pada Selasa (25/8).

Helmy menjelaskan, Kabupaten Merangin sebagai salah satu wilayah pedampingan Bapeltan Jambi. Ada 19 BPP di kabupaten merangin yang telah terkoneksi AWR.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kostratani dibuat untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran BPP, khususnya dalam menggerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) akan terus memperkuat peran Kostratani.

"Sebab, Kostratani mengimplementasikan program-program Kementan. Kegiatannya langsung bersinggungan dengan petani di lapangan. Di Kostratani ini juga petani bisa mendapatkan informasi atau mendapatkan penyuluhan agar hasil pertaniannya lebih maksimal," ujar Syahrul.

Mentan SYL menambahkan, target itu menjadi bukti keseriusan Kementan dalam menggenjot Kostratani yang akan mengawal program-program utama dan menyerukan kepada seluruh unit kerja dibawahnya termasuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementan yang ada di daerah untuk turun ke balai-balai penyuluhan.

Sementara Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, mengatakan siap merealisasikan target tersebut. "Transformasi seluruh BPP di Indonesia menjadi BPP Kostratani akan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2021," ujarnya.

"Tapi kita di BPPSDMP mendapatkan target tambahan mentransformasikan 1000 BPP di bulan Agustus ini. Jadi hingga 31 agustus nanti total 3000 BPP sudah harus menjadi Kostratani dan terkoneksi dengan AWR. Tidak mudah, tapi kita pasti bisa," sambungnya.

Untuk itu, Dedi mengungkapkan semua UPT di bawah kementan bergerak mendorong dan melakukan sosialisasi sekaligus memperkuat salah satunya melalui pelatihan. "Ini agar fungsinya sebagai pusat data dan informasi segera terwujud seperti halnya yang dilakukan oleh Bapeltan Jambi ini," ujar Dedi.

KEYWORD :

Bapeltan Jambi Kabupaten Merangin Dedi Nursyamsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :