Kamis, 25/04/2024 13:19 WIB

Sekjen GP Ansor Apresiasi Kinerja Kementan di Tengah Resesi

GP Ansor yang menyambut baik program Kementan saat ini yang menggerakkan para anak muda untuk terjun langsung bertani dan berproduksi.

Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Adung Abdul Rochman bertemu Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Senin (24/8).

Jakarta, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal Gerakan Pemuda (Sekjen GP) Ansor, Adung Abdul Rochman mengapresiasi capaian kinerja dan nilai ekspor Kementerian Pertanian (Kementan) di tengah ancaman resesi.

Saat ini, sektor pertanian mampu menunjukkan prestasi dikala sektor lainnya terpuruk, justru pertanian yang meningkat tajam dan menjadi satu-satunya sektor yang menyelamatkan perekonomian nasional.

Diketahui BPS mencatat ada dua sektor yang pertumbuhan PDB-nya positif atau berkontribusi terhadap PDB nasional, yaitu pertanian dan telekomunikasi. Sektor pertanian paling tinggi kontribusinya, yakni 16,24%, sementara telekomunikasi hanya 1,29%.

"Kita mengapresiasi Kementerian Pertanian yang bisa menjaga sektor pertanian tidak minus dan saat ini malah meningkat tajam" ujar Adung usai pertemuan dengan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Senin (24/8).

Adung juga menyampaikan, GP Ansor yang menyambut baik program Kementan saat ini yang menggerakkan para anak muda untuk terjun langsung bertani dan berproduksi. Menurutnya, hal ini sesuai keinginan para anak muda yang ada di pedesaan maupun diperkotaan yang bertani dengan metode urban farming.

"Menteri Syahrul sangat merespon ikhtiar anak anak muda seperti GP Ansor baik itu yang ada dipedesaan dan diperkotaan. Pak Menteri Pertanian juga sangat mendukung dan mensupportnya," ucapnya.

Adung mengungkapkan dalam pertemuanya, Syahrul meminta GP Ansor bertani dalam skala besar dan berorientasi ekspor sehingga bisa turut mendukung program Kementan yakni gerakan ekspor tiga kali lipat (Gratieks).

"Nanti skalanya dibuat lebih besar supaya bisa ekspor sehingga bisa mendukung salah satu program Kementan," tuturnya.

Sementara itu, Syahrul menegaskan pada masa pandemi COVID-19 ini, pertanian merupakan sektor yang tangguh bahkan menjadi satu-satunya sektor yang selamatkan perekonomian nasional. Karena itu, peran semua pihak sangat diperlukan untuk bersinergi membangun pertanian yang lebih kuat di tengah tantangan apapun.

"Saatnya Kementan bersama petani, generasi muda dan semua pihak membuktikan, negara ini akan kuat kalau pertanian kuat. Saatnya membuktikan, kita mampu bekerja secara maksimal dengan mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern meskipun di tengah pandemi COVID-19 saat ini," ujar Syahrul.

KEYWORD :

Sekjen GP Ansor Syahrul Yasin Limpo Adung Abdul Rochman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :