Rabu, 24/04/2024 13:02 WIB

Maroko Tolak Menta-mentah Normalisasi Hubungan dengan Israel

Maroko tidak akan menerima kompromi apa pun yang merusak tujuan Palestina yang adil.

Perdana Menteri Maroko Saad Dine El Otmani menolak normalisasi hubungan apa pun dengan Israel setelah rakyat Palestina sering dilanggar hak-haknya. /Twitter @MoroccanIndex/

Rabat, Jurnas.com - Perdana Menteri MarokoSaad Dine El Otmani menolak normalisasi hubungan apa pun dengan Israel. Itu disampaikan menjelang kunjungan penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner ke negara Arab tersebut.

"Kami menolak normalisasi apa pun dengan entitas Zionis karena ini mendorongnya untuk melangkah lebih jauh dalam melanggar hak-hak rakyat Palestina," kata  El Otmani kepada partai PJD Islamnya pada Minggu (23/8).

Kushner, yang merupakan menantu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diperkirakan akan terbang ke Maroko dalam beberapa hari mendatang sebagai bagian dari kunjungan beberapa negara ke Timur Tengah untuk mendorong pemulihan hubungan Arab-Israel.

El Otmani menegaskan, Maroko dengan tegas menolak rumor normalisasi hubunghan apa pun, dan bersikeras bahwa Rabat tidak akan menerima kompromi apa pun yang melanggar hak-hak rakyat Palestina.

Maroko dan Israel memulai hubungan tingkat rendah pada 1993 setelah kesepakatan yang konon berusaha memungkinkan perdamaian antara Israel dan Palestina tercapai. Tetapi Rabat menangguhkan hubungan dengan rezim Israel setelah pecahnya pemberontakan Palestina pada 2000.

Associated Press mengutip tiga diplomat yang mengatakan bahwa Kushner juga akan mengunjungi Bahrain, Oman, Arab Saudi dan Israel. Menurut para diplomat, yang berbicara tanpa menyebut nama, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan melakukan tur regional terpisah.

Para diplomat mengatakan mereka tidak mengharapkan pengumuman terobosan langsung. Sebaliknya, kunjungan tersebut bertujuan untuk menyelesaikan setidaknya satu, dan berpotensi lebih, kesepakatan normalisasi dengan Israel dalam waktu dekat.

Abu Dhabi dan Tel Aviv mengumumkan pada 13 Agustus bahwa mereka telah mencapai kesepakatan yang akan mengarah pada normalisasi penuh hubungan diplomatik antara kedua belah pihak.

Kesepakatan yang sangat kontroversial, yang sejak itu dikutuk secara luas di seluruh wilayah Palestina yang diduduki dan dunia Muslim, ditengahi Trump, yang telah berusaha untuk menggambarkannya sebagai terobosan besar.

Kesepakatan UEA-Israel menandai perjanjian normalisasi ketiga yang dibuat oleh rezim pendudukan dengan negara Arab setelah Mesir (1979) dan Yordania (1994). Abu Dhabi sudah diyakini memiliki hubungan klandestin dengan Tel Aviv. (Press TV)

KEYWORD :

Negara Arab Maroko Saad Dine El Otmani Normalisasi Hubungan Israel Jared Kushner




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :