Kamis, 25/04/2024 22:10 WIB

Bamsoet Kembali Ingatkan Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Nasional

Indonesia tidak ingin menjadi Syuriah dan negara-negara timur tengah lainnya yang hancur karena perang saudara.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan keterangan pers usai kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama klub-klub mobil klasik di Gedung Parlemen, Jakarta, Minggu (23/8/2020).

JAKARTA, Jurnas.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali mengingatkan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal itu disampaikan Bamsoet dalam gelaran sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama komunitas mobil-mobil klasik di Gedung Parlemen, Jakarta, Minggu (23/8/2020).

"Mengapa empat pilar ini penting bagi kita semua? Indonesia tentu tidak ingin menjadi Syuriah dan negara-negara timur tengah lainnya yang hancur karena perang saudara, karena perang antaragama, karena perang antarsuku, adat dan sebagainya, perang saudara," kata Bamsoet.

Menurutnya, kondisi tersebut di atas akan menjadi kekhawatiran bangsa Indonesia bila seluruh rakyatnya tidak memahami, tidak menghayati dan melaksanakan, mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar yang kebangsaan.

"Yakni menjaga Pancasila, menjaga NKRI, menjaga kebhinekaan, dan melaksanakan UUD Negara Republik Indonesia secara konsisten," katanya.

Bamsoet menegaskan, walaupun agama, kepercayaan, suku, dan asal yang berbeda-beda, namun memiliki tujuan yang sama dan memiliki bendera yang sama, memiliki semangat yang sama, yaitu Merah-Putih dan Indonesia.

"Dia bukan saudaramu dalam iman, tetapi dia saudaramu dalam kemanusiaan," tutup Bamsoet.

KEYWORD :

MPR RI empat pilar kebangsaan Bamsoet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :