Jum'at, 19/04/2024 12:13 WIB

WHO Wajibkan Anak-anak berusia 12 ke atas Pakai Masker

Anak-anak berusia lima tahun ke bawah tidak diharuskan memakai masker berdasarkan keselamatan dan kepentingan keseluruhan anak.

Pejalan kaki memakai masker untuk menghindari virus corona ketika kota-kota Iran (Foto: IRNA)

Zurich, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, anak-anak berusia 12 tahun ke atas wajib memakai untuk mengatasi pandemi virus corona baru (COVID-19). Sementara anak-anak berusia antara enam dan 11 tahun menyesuaikan kondisi.

"Anak-anak berusia 12 tahun ke atas sebaiknya mengenakan masker ketika jarak satu meter dari orang lain tidak dapat dijamin dan ada penularan yang meluas di daerah tersebut," kata WHO dan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) dalam dokumen di situs web WHO tertanggal 21 Agustus.

Disebutkan, anak-anak berusia antara enam dan 11 tahun harus memakai masker tergantung pada sejumlah faktor, termasuk intensitas penularan di daerah tersebut, kemampuan anak untuk menggunakan masker, akses ke masker dan pengawasan orang dewasa yang memadai.

Dampak potensial pada pembelajaran dan perkembangan psiko-sosial, dan interaksi yang dimiliki anak dengan orang-orang yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit serius, juga harus berperan.

WHO dan UNICEF menambahkan, anak-anak berusia lima tahun ke bawah tidak diharuskan memakai masker berdasarkan keselamatan dan kepentingan keseluruhan anak.

"Studi menunjukkan anak-anak yang lebih tua berpotensi memainkan peran yang lebih aktif dalam penularan COVID-19 daripada anak-anak yang lebih kecil," kata WHO dan UNICEF,

Keduanya menambahkan bahwa masih memerlukan lebih banyak data untuk lebih memahami peran anak-anak dan remaja dalam penularan virus, yang menyebabkan COVID -19.

WHO pertama kali menyarankan orang untuk memakai masker di depan umum pada 5 Juni untuk membantu mengurangi penyebaran penyakit, tetapi sebelumnya belum mengeluarkan pedoman khusus untuk anak-anak.

Menurut penghitungan Reuters, Lebih dari 23 juta orang telah dilaporkan terinfeksi COVID-19 secara global sejak pertama kali diidentifikasi di China tahun lalu dan 798.997 telah meninggal. (Reuters)

KEYWORD :

Badan Kesehatan Dunia Wajib Pakai Masker Anak-anak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :