Kamis, 25/04/2024 12:57 WIB

Agus-Sylvi Tak Sulit Singkirkan Ahok-Djarot, Ini Alasannya

Pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni diyakini tidak begitu sulit untuk menyingkirkan kandidat petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta. Apa alasannya?

Pasangan Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono-Sylviana Murni

Jakarta - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur poros Cikeas, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni diyakini tidak begitu sulit untuk menyingkirkan kandidat petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta. Apa alasannya?

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, ada beberapa alasan yang membuat Agus-Sylvi diyakini bakal menyingkirkan pasangan Ahok-Djarot yang diusung PDI Perjuangan (PDIP), Golkar, NasDem, dan Hanura itu.

"Saya yakin pasangan Agus-Sylviana tidak begitu sulit membuat Ahok terjungkal. Ini pertarungan besar, dibutuhkan modal politik dan kelihaian," kata Ipang, sapaan akrab Pangi, ketika dihubungi, Jakarta, Minggu (25/9).

Salah satu keyakinan Ipang adalah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai ayah dari Agus tidak akan tinggal diam dalam pertarungan Pilkada DKI. Menurutnya, presiden RI ke enam itu akan kerahkan kekuatan melawan Ahok-Djarot.

"SBY ahli strategi sekaligus guru politik Agus di lapangan," tegasnya.

Disamping itu, lanjut Ipang, prestasi Agus di dunia pendidikan militer juga sebagai modal pendukung yang cukup kuat. Dimana, Agus merupakan lulusan akademi militer terbaik, intilegensinya menonjol, menyelesaikan studi di Harvard.

Sementara, sepak terjang Sylvi sebagai pendamping Agus di birokrasi tak perlu diragukan. Sylvi sebagai mantan Walikota Jakarta Pusat adalah birokrat Betawi yang paling mengakar saat ini.

"Karena itu Agus-Sylviana adalah kandidat yang good loking," terangnya.

Secara dukungan politik, Agus-Sylvi diusung Partai Demokrat, PKB, PAN, dan PPP. Menurutnya, jika dilihat dari partai pendukung, maka kemungkinan besar mendapat limpahan elektoral dari ormas Islam terbesar di Indonesia, NU dan Muhammadiyah.

Menurutnya, jika mengacu data BPS pendekatan perilaku pemilih, pemilih imigran Jawa Timur  dan Jawa Tengah termasuk cukup besar. "Bagaimana pun orang orang Jawa kental sekali akan darah kulturnya, mereka masih percaya akan konsep ramalan ratu adil atau kesatrio piningit," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Ipang, basis kekuatan mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) yang juga sebagai kader Demokrat bakal turut serta dalam pemenangan pasangan Agus-Sylvi.

"Bukan tidak mungkin Foke connection kembali mengeliat, electoral voter-nya hampir dipastikan bisa mengambil basis birokrasi dan pemilih pemula," tandasnya.

KEYWORD :

Pilkada DKI Jakarta Pilgub DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono Sylviana Murni Agus-Sylvi Poros




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :