Rabu, 24/04/2024 19:01 WIB

Rilis Single Berbahasa Korea, Rossa: Saya Terinspirasi Drakor

Rossa resmi merilis single terbaru dalam berbahasa Korea berjudul

Rossa dalam acara Virtual Press Conference, Jumat (14/08).

Jakarta, Jurnas.com - Sri Rossa Roslaina Handiyani, atau yang akrab di panggil Rossa resmi merilis single terbaru dalam berbahasa Korea berjudul "Sangcheo Badeun Maeum" pada Jumat (14/08).

Lagu tersebut merupakan single lama Rossa berjudul "Hati yang Kau Sakiti" ciptaan Enda Ungu yang dialih bahasakan ke dalam bahasa Korea.

Penyanyi kelahiran Sumedang itu mengatakan, pengubahan lagu tersebut ke dalam bahasa Korea karena terinspirasi dari Drama Korea (Drakor) The World of Married Couple, yang merupakan salah satu Drakor kesukaan Teteh Ocha.

"Lagu ini saya jadikan ke dalam bahasa Korea karena terinspirasi dari Drakor The World of Marriage Couple. Saya suka sekali filmnya, saya bahkan menunggu hingga episode terkahirnya (episode 15 dan 16). Saya menilai Drakor itu sangat menggambarkan lagu ini," kata Rossa dalam acara Virtual Press Conference, Jumat (14/08).

Meski sempat kesusahan dalam menyanyikan lagu dalam bahasa Korea, namun perempuan berusia 41 tahun itu mengaku sangat senang lantaran ia memang pengagum segala hal yang terkait Korea.

"Sangat susah. Susah sekali karena cara bernyanyi atau cara baca dalam bahasa Korea sangat berbeda, pengucapannya beda sekali. Tapi saya sangat senang menyanyikan lagu ini karena saya sangat suka Korea," ujarnya.

Dalam proses rekaman, lanjut Rossa, cukup memakan waktu karena harus penyesuaian cara pengucapan dalam bahasa Korea, bahkan proses rekaman paling lama yang pernah ia lakukan selama berkarir di dunia musik.

"Take vokal cukup lama, bahkan kemarin sempat 5 jam take vokal. Ini take vokal paling lama dalam karir saya. Biasanya kalau take vokal lagu bahasa Indonesia cukup 1-3 jam untuk satu lagu," lanjutnya.

Rossa menambahkan bahwa dalam proses penerjemahannya, ia dibantu oleh orang Korea asli. Namun ia mengaku kata-kata yang digunakan bahasa Korea di lagu tersebut di seratus persen sama dengan kata dalam lagu aslinya.

"Meski kata-kata ada yang sedikit berubah, namun saya jamin maknanya tetap sama," kata Rossa.

Ia pun berharap lagu terbaru tersebut dapat dinikmati tidak hanya masyarakat Korea, tapi juga seluruh pecinta musik tanah air bahkan dunia.

"Semoga orang Korea suka lagu ini. Semoga bisa langsung terbang ke Korea untuk mempromosikan lagu ini," tandasnya.

KEYWORD :

Single Rossa Bahasa Korea Teh Ocha




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :