Jum'at, 19/04/2024 10:10 WIB

Rini Tumbangkan Dominasi Triyaningsih

Rini turun pada nomor lari 5.000 meter putri ini hanya sebagai pendamping Triyaningsih.

Rini Budiarti

Pelari putri dari DKI Jakarta, Rini Budiarti berhasil menumbangkan dominasi pelari nasional Triyaningsih pada nomor 5.000 meter pada Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat. Pada perlombaan di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/9), Rini menyentuh garis finis dengan catatan waktu 17:01.60.

Triyaningsih yang juga membela DKI Jakarta meraih medali perak dengan catatan waktu 17:10.48.  Medali perunggu direbut pelari Sumatera Barat Yulianti Utari 17:38.31.

Dalam beberapa tahun terakhir, Triyaningsih adalah ratu nasional di nomor lari jarak menengah dan jauh. Ia adalah pemilik rekor nasional dengan catatan waktu 15:54.32 untuk nomor tersebut. Juga pemegang rekor SEA Games dengan catatan waktu 17:54.32.

Begitu bendera star dikibaskan, Triyaningsih langsung melejit untuk menempati urutan terdepan kemudian disusul dengan ketat oleh Rini. Memasuki empat putran menjelang finis, justru Rini mampu menyalip Triyaningsih dan langsung meninggalkan Triyaningsih jauh di belakang.

Usai lomba, Rini mengatakan ini merupakan pertama kalinya bisa berada di depan Triyaningsih untuk nomor lari 5.000 meter putri. "Sebenarnya rasanya biasa-biasa saja karena kami tampil tidak terlalu cepat dan selisihnya tidak terlalu jauh. Memang ini pertama kali bagi saya berada di depan Triyaningsih," kata dia.

Ia mengakui, sebenarnya dirinya turun pada nomor lari 5.000 meter putri ini hanya sebagai pendamping Triyaningsih karena spesialisasinya adalah pada nomor lari 3.000 meter halang rintang. "Saya turun di lari 5.000 meter hanya sebagai pendamping Triyaningsih karena spesialisasi saya justru di nomor lari 3.000 meter halang rintang. Tetapi syukur bisa menjadi yang terbaik di nomor 5.000 meter," kata dia.

Ketika ditanya sebenarnya target pada pesta olahraga multieven empat tahunan di Jawa Barat ini, dia mengatakan, dirinya berharap bisa mempertahankan tiga medali emas seperti yang diraih pada pesta olahraga multieven empat tahunan di Riau 2012. "Yah`....keinginan saya adalah bisa seperti dulu yaitu meraih tiga medali emas. Syukur-syukur bisa lebih," tandasnya. Ant

KEYWORD :

PON 2016 Atletik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :