Selasa, 16/07/2019 10:58 WIB

Insiden Polo Air, Pangdam III/Siliwangi Mendadak Dimutasi

Mayor Jenderal Hadi Prasojo, Pangdam III/Siliwangi, akan menempati posisi barunya sebagai Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) di Markas Besar TNI Angkatan Darat.

Insiden polo air di stadion Jalak Harupat dalam PON Jabar./foto:twitter

Bandung - Mayor Jenderal Hadi Prasojo, Pangdam III/Siliwangi yang juga menjabat sebagai Ketua Kontingen Tim PON Jabar mendadak dimutasi ke Jakarta. Jenderal berbintang dua itu akan menempati posisi barunya sebagai Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) di Markas Besar TNI Angkatan Darat.

Hadi Prasojo membantah mutaisnya tersebut dikaitkan dengan insiden kericuhan arena polo air, yang tampak dalam video yang tersebar secara viral, dilakukan oleh seseorang berpakaian TNI dengan penonton berkaos DKI Jakarta.

"Enggak ada kaitannya ini sudah lama, enggak ada itu," kata Hadi Prasojo di Bandung, Selasa (20/9). Hadi menunjukkan bahwa mutasi itu tertanggal 16 September 2016 berdasarkan surat keputusan Panglima TNI No. Kep/751/IX/2015.

Menurutnya, kepindahannya sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya, sebelum insiden kericuhan itu terjadi. Posisinya saat ini, kata Hadi Prasojo, adalah promosi ke tingkat jabatan yang lebih tinggi.

Sebelumnya, video kericuhan di arena polo air Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat menjadi viral. Banyak netizen yang mengungkapkan kecamannya atas peristiwa tersebut. Netizen juga banyak mempersoalkan adanya kericuhan pada cabang olahraga (cabor) yang sebelumnya terjadi, seperti sepak bola di Bogor, walk out judo, dan juga pemburaman (blur) atas liputan atlet renang.

Insiden polo air itu sendiri terjadi pada Senin (19/9) malam di Stadion Jalak Harupat, saat tim Jawa Barat bertanding melawan tim Sumatera Selatan. Kericuhan sempat terjadi di dalam kolam renang, saat kedua tim bertanding. Bukan itu saja, kericuhan menular ke arah tribun penonton.

Pada tayangan yang menjadi viral itu, tampak seorang yang berpakaian TNI sedang memukul penonton berkaos DKI Jakarta. Dari situ, lantas kericuhan seolah tak terkendali. Beberapa polisi dan penonton berupaya untuk melerai kericuhan tersebut.

Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat yang juga sebagai Ketua PB PON 2016, mendengar peristiwa itu langsung menggelar rapat pada Senin malam membahas semua peristiwa dan insiden yang terjadi.[]

TAGS : jurnas pon jabar pangdam III/siliwangi ahmad heryawan polo air insiden mutasi hadi prasojo




TERPOPULER :