Sabtu, 20/04/2024 04:33 WIB

Lika-liku Perjalanan Madrid Raih Gelar ke-34

Los Blancos unggul tujuh poin atas rival abadinya, Barcelona, yang pada saat bersamaan kalah 2-1 dalam laga perjamuan melawan Osasuna.

Real Madrid juara LaLiga 2019/2020 (Foto: Marca)

Jakarta, Jurnas.com - Real Madrid akhirnya keluar sebagai juara Liga Spanyol musim ini, usai menundukkan Villareal 2-1 di Stadion Alfredo Di Stefano pada Kamis (17/7) dini hari.

Los Blancos unggul tujuh poin atas rival abadinya, Barcelona, yang pada saat bersamaan kalah 2-1 dalam laga perjamuan melawan Osasuna.

Dikutip dari Marca, capaian ini menjadi yang paling unik dalam sejarah Madrid. Selain meraih gelar di tengah pandemi Covid-19, Madrid juga mencatatkan perjalanan berat untuk sampai ke titik tersebut.

Bagaimanapun, Zinedine Zidane yang kembali membesut El Real pada 2019 lalu harus berhadapan dengan keraguan publik atas sejumlah pemain di tim inti, antara lain Thibaut Courtois, Marcelo, Luka Modric, Toni Kroos, dan Gareth Bale.

Selama bursa transfer musim panas tahun lalu, Zidane berinvestasi untuk meningkatkan kualitas skuatnya. Dari perburuan besar-besaran ini, Madrid berhasil mendapatkan Eden Hazard, Luka Jovic, Ferland Mendy, Rodrigo Goez, dan Takefusa Kubo.

Namun pemain baru belum mampu memberikan perubahan besar. Hazard kerap dibekap cedera. Sedangkan Jovic gagal menemukan performa terbaiknya di Santiago Bernabeu.

Bahkan Rodrygo sempat `dibuang` ke Real Madrid Castilla, guna mendapatkan jam terbang lebih tinggi. Adapun Kubo memilih setuju dipinjamkan sementara ke Mallorca.

Di lini serang, Zidane sebenarnya masih memiliki Gareth Bale, juga James Rodriguez yang baru kembali dari masa peminjaman di Bayern Munich. Namun karena gagal meyakinkan Zidane, keduanya jarang diturunkan.

Cuma Mendy yang berposisi sebagai bek sayap, menjadi satu-satunya pembelian Zidane yang menawarkan sesuatu yang berbeda dari seniornya, Marcelo. Penampilannya menjanjikan untuk mematenkan posisi sayap yang selama ini dikunci oleh Marcelo.

Kekalahan 1-0 atas Real Mallorca menjadi poin rendah bagi Zidane dan para pemainnya. Namun hasil buruk itu dibayar lunas dengan laga tak terkalahkan di Mestalla melawan Valencia dan Camp Nou kontra Barcelona.

El Real juga berhasil mengalahkan rival sekotanya, Atletico Madrid di Estadio Santiago Bernabeu pada awal Februari, sebelum Los Blancos kalah dari Levante seminggu setelahnya.

Covid-19 pada awal 2020 memaksa seluruh kompetisi dihentikan selama tiga bulan sejak Maret lalu. Madrid baru berlaga kembali kontra Eibar, dan berhasil mengamankan poin pada 10 pertandingan berturut-turut berikutnya, hingga akhirnya meraih gelar musim ini.

KEYWORD :

Real Madrid Juara LaLiga Liga Spanyol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :