Jum'at, 26/04/2024 01:59 WIB

Umar Raih Emas PON Ketujuh

Karateka yang menetap di Swiss dan aktif mengikuti turnamen di Eropa ini masih berkesempatan merebut satu emas lagi karena ia akan tampil di nomor kumite beregu putra PON 2016.

Umar Syarief dan Hendro Salim

Karateka senior Umar Syarief membuktikan dominasinya di arena karate nasional dengan merebut emas cabang karate nomor perorangan kelas +84 kg putra Kumite pada PON 2016 di Gedung Sabuga ITB Bandung, Jawa Barat, Minggu (18/9). Ini adalah emas ketujuh yang diraih Umar dalam empat kali PON yang diiikutinya.

Kendati sudah berumur, karateka kelahiran 17 April 1977 ini masih menunjukkan ketangguhan. Di babak final,  Umar yang membela Jawa Timur menyudahi perlawanan atlet DKI Jakarta, Caesar George Isac dengan skor telak 9 - 1.

Umar pantas menepuk dada karena di ajang PON terakhir ini masih bisa merebut emas. Namun rupanya,  karateka yang belum terkalahkan di arena SEA Games 1997-2013  ini juga kacewa karena karateka yuniornya belum menunjukkan ‘kelas’ yang ia harapkan.

Karea itu, ia kembali mengingatkan kepada karaketaka muda untuk memiliki komitmen yang kuat meniti karir. "Saya sering bertanding di luar negeri, bagaimanapun seorang atlet dituntut untuk memiliki komitmen dan kemandirian. Karateka generasi sekarang tidak punya komitmen. Yang mereka pikirkan cuma uang bonus, mereka tidak mau mengeluarkan uang demi karier karate mereka jangka panjang," ," tandas Umar kepada wartawan.

"Saya sangat menyayangkan generasi di bawah saya tidak ada yang mampu bersinar. Beberapa waktu lalu memang ada yang juara pada Kejuaraan Junior, saya berharap dia bisa mampu berkembang dengan baik," imbuhnya.

Dengan emas ini Umar sudah mengoleksi tujuh emas di kancah PON. Dalam tiga kali PON yang diikuti (2000, 2004 dan 2008), Umar mampu mengoleksi 6 emas, tiga emas diantaranya ia raih di PON 2008 Kalimantan Timur dengan menjuarai nomor kumite bebas putra, kumite perorangan +84Kg putra dan Kumite Beregu Putra. Pada PON 2012 di Riau ia tidak tampil karena ada batasan usia.

Karateka yang menetap di Swiss dan aktif mengikuti turnamen di Eropa ini masih berkesempatan merebut satu emas lagi karena ia akan tampil di nomor kumite beregu putra PON 2016.

Karateka senior Hendro Salim dari Sulawesi Selatan juga mempersembahkan medali emas cabang karate nomor Kumite perorangan kelas -84kg putra PON 2016  setelah mengalahkan atlet DKI, Baskoro Ndaru Murti. Sementara emas kata perorangan putra diraih atlet Jabar Rahmad Darmawan, serta kara perorangan putri direbut Sisilia Agustiani Ora dari Jawa Timur.

KEYWORD :

Umar Syarief PON 2016 karate




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :