Sabtu, 20/04/2024 09:23 WIB

Nah Lho... Pemerintah Minta Uang Zakat Atasi Kemiskinan

Pemerintah melirik uang zakat yang dihimpun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk membantu memperkuat program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di tanah air.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

Jakarta - Pemerintah melirik uang zakat yang dihimpun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk membantu memperkuat program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di tanah air.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan, potensi dana zakat itu cukup besar. Dimana, dana zakat yang dikumpulkan Baznas tahun lalu mencapai Rp 4 triliun.

"Kita ingin uang yang dikumpul di Baznas ini bisa dipakai untuk perkuat atau masuk ke dalam program-program pengentasan kemiskinan yang sudah dibuat oleh pemerintah,” kata Bambang beberapa waktu lalu.

Program-program badan pengumpul zakat seperti Baznas, kata Bambang, bisa diselaraskan atau disatukan dengan program pengurangan kemiskinan pemerintah.

Bambang berharap nantinya Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang dipimpin oleh presiden dapat merekomendasikan sinergi program zakat dengan program penanggulangan kemiskinan pemerintah.

“Kita mulai 2017 nanti KNKS nya kan jalan. Nah di situ nanti akan disusun bagaimana caranya supaya zakat dengan program kemiskinan itu nyambung,” kata Bambang.

Dalam Rencana Induk Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia (AKSI) diindentifikasi beberapa persoalan utama dalam pengelolaan zakat dan perlunya memperjelas peran pemerintah, pemerintah daerah, Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam pengelolaan zakat.‎

KEYWORD :

Bappenas Uang Zakat Baznas Kemiskinan Bambang Brodjonegoro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :