Rabu, 17/04/2024 05:04 WIB

Apresiasi Kompetisi Esport, Menpora: Ini Olahraga yang Tetap Bisa Digelar di Tengah Covid-19

Satu-satunya olahraga yang terus berjalan ditengah Covid-19 yakni Esport, sebab, olahraga ini tak mengharuskan antar pemain bertemu secara fisik.

Menpora RI, Zainudin Amali saat membuka gelaran Gopay Arena Championship 2020

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengapresiasi penyelenggara perlombaan Esport yang terus menggelar kejuaraan di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Ini suatu upaya yang membanggakan pagi penggiat Esport di Indonesia. Sebagai pemerintah saya sangat mendukung kegiatan seperti ini, apalagi kita sekarang ini dalam keadaan pandemi. Satu-satunya kegiatan olahraga yang masih terus bisa di gelar adalah Esport karena satu sama lain tidak harus bertemu secara fisik," kata Menpora yang juga diikuti oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta dan Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Chandra Bakti saat membuka turnamen Gopay Arena Championship 2020 melalui saluran virtual, Senin (15/06/2020).

Menurut Menpora, perkembangan olahraga Esport sangat luar biasa. Untuk itu, dia meminta pegiat Esport untuk terus berkreasi.

"Saya melihat perkembangan esport sangat luar biasa, tentu pemerintah memberikan apresiasi terhadap semua yang berkecimpung di bidang Esport. Kami menyambut baik, dan saya minta untuk terus menerus berkreasi," katanya.

Selain itu, Menpora juga berharap agar perlombaan Esport bisa disesuaikan dengan karakter dan budaya Indonesia.

"Saya juga selalu berpesan tolong diperlombakan sesuai karakter dan budaya kita. Para penggiat esport untuk menciptakan legenda Indonesia menjadi karakter yang kuat untuk masuk dalam dunia game ini. Tetap produktif di tengah pandemi dan selalu perhatikan protokol kesehatan," kata Menpora.

Diketahui, Gopay Arena Championship merupakan gelaran pertama aplikasi uang digital ini. Sebelumnya, Gopay hanya bertugas sebagai sponsor untuk gelaran-gelaran serupa. Nantinya, Gopay Arena Championship akan mempertandingkan tiga game populer di Indonesia antara lain Mobile Legends, Free Fire, dan PUBG.

Turnamen yang digelar Gopay ini dapat dikatakan yang pertama mempertemukan tim profesional dan tim amatir.

Pendaftaran untuk tim amatir yang masuk dalam kategori umum ini dibuka melalui jalur registrasi.Untuk kategori umum ini, Gopay Arena Championship memberlakukan sistem gugur untuk menentukan juara kategori. Sedangkan untuk kategori profesional, pendaftaran akan dibuka melalui jalur undangan.

Sama seperti kategori umum, pada kategori profesional ini juga diberlakukan sistem gugur untuk menentukan pemenang juara kategori. Pemenang kedua kategori ini akan bertanding meraih gelar juara pada babak grand final.Gopay Arena Championship akan dibuka pendaftarannya pada 16 Juni 2020 melalui website gopayarena.id.

Babak kualifikasi kategori profesional dari Gopay Arena Championship akan digelar dari 27 Juni 2020 hingga 19 Juli 2020. Penutupan pendaftaran gelaran ini adalah pada 29 Juni 2020.

Sedangkan babak kualifikasi untuk kategori umum akan berlangsung dari 6 Juli 2020 hingga 26 Juli 2020. Bersama dalam konferensi pers Gopay Arena Championship ini turut hadir Wijaya Nugroho dari Garena, Aswin Antonie dari Moonton, Agung Chaniago dari Tencent dan Pevita Pearce selaku brand ambassador. 

KEYWORD :

Esport Menpora Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :