Jum'at, 19/04/2024 13:03 WIB

Toko Mitra Tani Diresmikan, Kementan Permudah Warga Cilacap Dapatkan Bahan Pangan

Di masa pandemi Covid-19 pertanian menjadi tulang punggung dengan tantangan dan peluangnya yang semakin terbuka. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sampaikan saat meresmikan Toko Mitra Tani Cemerlang di Jl. Pemintalan No 55 A, Tambakreja, Cilacap, Jum’at (12/6)

Cilacap, Jurnas.com - Di masa pandemi Covid-19 pertanian menjadi tulang punggung dengan tantangan dan peluangnya yang semakin terbuka. Untuk itu, Presiden Joko Widodo meminta sektor pertanian terus berproduksi untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia.

"Ketersediaan dan pasokan yang cukup dengan harga terjangkau sangat penting untuk menjaga stabilitas pangan," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sampaikan saat meresmikan Toko Mitra Tani Cemerlang di Jl. Pemintalan No 55 A, Tambakreja, Cilacap, Jum’at (12/6).

"Pasar Mitra Tani maupun Toko Mitra Tani hadir di tengah masyarakat tidak lain yaitu untuk mengakselerasi penyerapan produksi komoditas pangan dari kelompok tani, sehingga masyarkat bisa mendapatkan bahan pangan berkualitas, segar dengan harga terjangkau," tambahnya.

Mentan Syahrul mengatakan, toko mitra tani adalah stabilizer, hadir bukan sebagai pesaing pasar yang sudah ada. Menurutnya, toko mitra tani yang tersebar hampir di setiap kabupaten/kota memberikan jaminan harga yang pasti walau ada kenaikan harga di pasar.

"Bukan hanya menjual bahan pangan, toko ini juga menjadi stabilisasi dan media promosi bagi kelompok tani," ujarnya.

Toko mitra tani yang ada di Kabupaten Cilacap menurut Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji sudah mencapai 35. "Kehadiran Pak Menteri di Cilacap, semoga membawa kabupaten yang paling luas di Jawa Tengah ini lebih maju sektor pertaniannya. Beliau adalah mentor dan guru saya," kata Tatto.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi menegaskan, Toko Mitra Tani terus menyediakan pangan murah berkualitas bagi masyarakat.

"Komoditas pangan dipasok langsung dari gapoktan ke Pasar Mitra Tani, dan kemudian disalurkan ke Toko Mitra Tani. Di Jawa Tengah sendiri ada 299 gapoktan yang menjadi supplier Pasar Mitra Tani Jateng, dan mensuplai berbagai Toko Mitra Tani yang ada termasuk di Cilacap ini,” kata Agung.

Di toko mitra tani ini menyediakan berbagai macam komoditas pangan dengan harga terjangkau antara lain beras Rp8.800 per kg, minyak 11.500 per liter, gula Rp12.500 per kg, bawang merah Brebes Rp39.000 per kg, bawang merah Majalengka Rp34.000 per kg, bawang putih Rp18.000 per kg.

Komoditas lain yang tersedia di Toko Mitra Tani ini, telur ayam Rp22.000 per kg, daging rendang Rp95.000 per kg, daging semur Rp85.000 per kg, daging sop Rp75.000 per kg, ayam beku Rp31.000 per kg, cabai merah keriting Rp14.000 per kg dan cabai rawit merah Rp20.000 per kg.

Sementara itu, pemilik Toko Mitra Tani Cilacap, Ammy mengatakan senang dengan kunjungan Mentan SYL. Dia mengharapkan Toko Mitra Tani berkembang, memberikan kontribusi menyediakan bahan pangan pokok yang murah dan berkualitas.

"Masyarakat senang berbelanja di sini, selain harganya murah, mutunya bagus, mungkin karena tempatnya nyaman dan bersih," tuturnya.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Pertanian Toko Mitra Tani Warga Cilacap Syahru Yasin Limpo Bahan Pangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :