Sabtu, 20/04/2024 17:15 WIB

Pilgub Sumsel Bakal Seru, Herman Deru Tertinggi di Survei

Dari sisi popularitas dan elektabilitas, posisi Herman Deru adalah yang tertinggi. Popularitasnya ada di kisaran 70 persen, sementara elektabilitasnya ada di kisaran 30 persen.

Bakal calon gubernur sumsel Herman Deru

Palembang - Pilgub Sumatera Selatan 2018 akan berlangsung seru. Animo masyarakat tinggi terhadap Pilkada, salah satunya karena Gubernur Sumsel saat ini, Alex Noerdin, tak dapat lagi mencalonkan diri.

Saat ini sudah bermunculan tokoh yang akan maju dalam Pilkada Sumsel, antara lain mantan Bupati Oku Timur Herman Deru, keponakan almarhum Taufik Kiemas, Giri Ramamda Kiemas, mantan Kabareskrim Komjen (Purn) Susno Duadji., dan Wakil Gubernur Ishak Mekki.

Dari nama-nama itu, Herman Deru disebutkan paling teratas namanya dalam survei.

Peneliti Lembaga Survei Stratak Indonesia, Oktarina Subarjo menyatakan para bakal calon gubernur Sumsel 2018 masih cair. “Saya menyarankan kepada para bakal calon untuk sosialisasi saja, turunlah dan adu program," katanya dalam keterangan pers, Sabtu (10/9).

Dari sisi popularitas dan elektabilitas, posisi Herman Deru adalah yang tertinggi. "Popularitasnya ada di kisaran 70 persen, sementara elektabilitasnya ada di kisaran 30 persen. Itu survei Juni 2016, Saya dengar Herman saat itu belum melakukan sosialisasi ke bawah,” ujar Okta.

Perolehan survei membuat posisi tawar Herman Deru tinggi, sehingga sulit baginya untuk menerima pinangan sebagai calon wakil gubernur, siapa pun pasangannya.

"Ini karena popularitas dan elektabilitasnya tertinggi, silakan lakukan survei dengan metode yang sama, syukur kalau dengan reponden lebih banyak misalnya di kisaran 1.200 responden dari margin error 3 persen, saya kok menduga hasilnya akan sama, Deru akan tertinggi,” ucap Okta.

Koordinator Relawan Herman Deru, Syukri Holil menyatakan bersyukur jika Deru dilirik dan diperebutkan.

"Memang sudah banyak kontak ke Bang HD ini agar mau berpasangan. Dalam politik ini baik, tetapi soal akan mencalonkan di posisi apa, Bang HD sudah tegas, maju jadi gubernur, bukan wakil gubernur,” ujar Syukri.

Seperti diberitakan sebelumnya, Herman Deru menyambut baik hasil survei tersebut. Menurut dia, survei itu menunjukkan jika masyarakat Sumsel tidak melupakannya.

"Jika hasil survei itu benar-benar menunjukkan kondisi masyarakat, bismillah saya maju lagi," kata Herman.

Diakui Herman, dengan tingkat popularitas di atas nama-nama bakal calon lain seperti Ishak Mekki, makin membuatnya percaya diri untuk kembali bertarung memenangi Pilkada 2018 mendatang. "Bismillah saya akan maju untuk kursi gubernur," kata Herman menegaskan.

KEYWORD :

Herman Deru Pilgub Sumsel survei




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :