Selasa, 23/04/2024 16:50 WIB

Bukan Mourinho, Ini Pelatih Terbaik Versi Robben

Arjen Robben menjuluki mantan pelatih Bayern Munich Pep Guardiola sebagai

Robben bersama Guardiola (foto: Soccerway)

Jakarta, Jurnas.com - Arjen Robben menjuluki mantan pelatih Bayern Munich Pep Guardiola sebagai "master ofensif football" dan menilai Pep merupakan pelatih terbaik di dunia.

"Saya suka sepakbola dan, di atas semua itu, sepakbola ofensif - dan Pep adalah ahli dalam hal itu," kata Robben dilansir Soccerway, Rabu (27/05).

"Dia fokus pada serangan dan kontrol bola total. Tentu saja, saya sangat menyukainya. Kami berada pada gelombang yang sama," tambahnya.

Mantan pemain internasional Belanda Robben, yang mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola Juli lalu, menghabiskan tiga musim bermain di bawah asuhan Guardiola selama satu dekade bersama Bayern.

Pemain berusia 36 tahun itu dibawa ke Bavaria oleh Louis van Gaal dan juga bekerja dengan Carlo Ancelotti, Jupp Heynckes dan Niko Kovac di Allianz Arena, serta Jose Mourinho di Chelsea.

Tetapi Robben merasa bahwa Guardiola adalah pelatih yang membantunya lebih baik, dengan pasangan itu berbagi ideologi yang sama tentang bagaimana permainan harus dimainkan.

"Dia memastikan bahwa aku menjadi lebih lengkap. Bagiku, Pep adalah pelatih terbaik di dunia. Tiga tahun bersamanya di Munich sangat instruktif."

Robben bergabung dengan Bayern dari Real Madrid pada 2009 dan memenangkan 20 penghargaan utama, termasuk kemenangan Liga Champions yang mengesankan pada 2013 ketika mencetak gol kemenangan melawan Borussia Dortmund di final untuk mengamankan treble.

Namun, dia tidak yakin pada saat itu apakah bertukar Madrid untuk Bayern akan menjadi pilihan yang baik untuknya.

"Saat itu, satu-satunya harapan saya adalah memenangkan Liga Champions dan Bayern bukan salah satu klub top di Eropa," katanya. "Tapi saya mengambil risiko dan itu sepadan.

"Itu benar-benar bukan keputusan yang mudah bagi saya pada saat itu. Tetapi pergi ke Bayern adalah yang terbaik dalam karir saya dalam retrospeksi."

KEYWORD :

Arjen Robben Pep Guardiola Pelatih Terbaik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :