Jum'at, 19/04/2024 05:50 WIB

Pelni Mart, Jaga Pasokan Bahan Pokok di Indonesia Timur

Pelni Mart menyediakan beberapa kebutuhan pokok yang dijual seperti 10 ton gula pasir, 10 ton bawang merah, serta 17 ton ayam beku

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sedang sidak di kantor PT Pelni Cabang Surabaya, Jawa Timur

Jakarta, Jurnas.com - Era pandemi Covid-19 ini, pasokan bahan pokok atau logistik harus terjaga agar kebutuhan masyarakat pun terjaga. Termasuk di wilayah Indonesia Timur.

Operator kapal laut PT Pelni (Persero) dengan anak usahanya, PT Sarana Bandar Nasional (SBN) beri garansi pasokan bahan pokok di wilayah Indonesia Timur melalui gerai Pelni Mart bakal aman.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan adanya kendala dalam pendistribusian sejumlah bahan pokok di wilayah Indonesia Timur selama masa pandemi Covid-19, membuat harga bahan pokok di wilayah Indonesia Timur menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah Indonesia Barat dan Tengah.

"Guna menjaga stabilitas harga bahan pokok, kami mengadakan pasar murah melalui gerai Pelni Mart yang dilaksanakan di Merauke," kata Yahya dalam siaran pers, Sabtu (16/5/2020).

Sejumlah bahan pokok telah dikirimkan dari Surabaya. Seluruh barang yang dipasok pada gerai Pelni Mart dibawa dengan menggunakan kapal tol laut, sehingga dapat dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau dari harga di pasaran.

Pada kegiatan pasar murah, Pelni Mart menyediakan beberapa kebutuhan pokok yang dijual seperti 10 ton gula pasir, 10 ton bawang merah, serta 17 ton ayam beku.

Saat ini, harga dua komponen yakni gula pasir dan bawang merah melonjak tinggi di Merauke, sehingga persesoan menjualnya 10-20 persen di bawah harga pasar.

Yahya menambahkan diselenggarakannya kegiatan ini juga untuk mendukung program Pemerintah dalam menekan disparitas harga melalui barang-barang yang diangkut melalui kapal tol laut, serta menjaga stabilitas harga sembako di Merauke.

Selain itu, juga untuk lebih memperkenalkan Pelni Mart kepada seluruh masyarakat di Merauke, sehingga Pelni Mart menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan barang pokok dengan harga yang jauh lebih murah.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara, terutama Dinas Perhubungan Merauke sehingga acara dapat terlaksana dengan aman dan tertib dengan tetap menjaga jarak antar pembeli selama kegiatan berlangsung," ujarnya.

Pelni Mart hadir di kawasan timur Indonesia seperti Merauke, Jayapura, Manokwari, Sorong, Timika, Wamena dan beberapa wilayah lainnya.

KEYWORD :

Pelni Mart Bahan Pokok Indonesia Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :