Jum'at, 19/04/2024 04:39 WIB

JK Paparkan Langkah PMI Tangani Covid 19 kepada Palang Merah Se-Asia Tenggara

Paparan tersebut disampaikan JK pada acara SEA National Societies Leaders Virtual Meeting on Covid-19 29 April 2020

Jusuf Kalla paparkan langkah PMI tangani Covid-19 di Indonesia (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) memaparkan langkah yang diambil PMI dalam menangani Covid-19 di Indonesia.

Paparan tersebut disampaikan JK pada acara SEA National Societies Leaders Virtual Meeting on Covid-19 29 April 2020.

Kepada para ketua dan Sekretaris Jenderal Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang menjadi peserta Virtual meeting, JK menjelaskan dalam menangani Covid-19, PMI fokus kepada tiga hal yaitu edukasi kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan mandiri Covid-19, mitigasi untuk mengurangi dampak dari bencana Covid-19 salah satunya melalui penyemprotan disinfektan di zona merah dan dukungan sosial kesehatan berupa membagikan clean kit kepada masyarakat.

“Dalam upaya kami menangani Covid-19, kami mengambil sejumlah langkah dalam hal ini memberi edukasi kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan mandiri penularan covid-19, kami juga melakukan mitigasi untuk mengurangi dampak bencana yaitu penyemprotan disinfektan ke daerah zona merah penyebaran Covid-19 dan pembagian paket bantuan alat kebersihan diri kepada masyarakat” terang JK dari markas Pusat PMI Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, Rabu (29/4/2020).

Lebih lanjut dalam paparannya tersebut JK juga menampilkan video dokumentasi kegiatan PMI dalam menangani Covid-19. Video tersebut menampilkan aktivitas PMI melakukan edukasi kepada masyarakat, disinfeksi tempat-tempat ibadah serta fasilitas umum, pembagian clean kit kepada masyarakat dan kegiatan relawan melakukan pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Asean Leaders meeting tersebut dipantau langsung oleh Sekjen Federasi Palang Merah Internasional Jagan Chapagain, yang memantau langsung dari kantor Federasi Palang Merah Internasional di Jenewa Swiss.

Dan dihadiri oleh sejumlah Palang Merah dan Bulan Sabit merah dari negara-negara Asia tenggara yaitu: Bulan Sabit Merah Brunei Darussalam, Palang Merah Kamboja, Palang Merah Indonesia, Palang Merah Laos, Bulan Sabit Merah Malaysia, Palang Merah Myanmar, Palang Merah Filipina, Palang Merah Singapura, Palang Merah Thailang, Palang Merah Timor-Leste dan Palang Merah Vietnam.

KEYWORD :

Jusuf Kalla PMI Covid-19 Palang Merah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :