Rabu, 24/04/2024 11:40 WIB

Aktor "Life of Pi", Irrfan Khan Meninggal Dunia

Dia berpulang setelah dirawat di Rumah Sakit Kokilaben Dhirubhai Ambani, Mumbai setelah mengalami infeksi usus besar.

Irrfan Khan meninggal dunia (Foto: AP)

New Delhi, Jurnas.com - Aktor kenamaan Bollywood dan Hollywood, Irrfan Khan, meninggal dunia di usia 54 tahun pada Rabu (29/4). Dia berpulang setelah dirawat di Rumah Sakit Kokilaben Dhirubhai Ambani, Mumbai setelah mengalami infeksi usus besar.

Dikutip dari Associated Press, Khan terkenal lewat perannya di film "Slumdog Millionaire", "Jurassic World", "The Amazing Spider-Man", hingga film fantasi petualangan "Life of Pi."

"Irrfan adalah sosok yang kuat, seseorang yang berjuang sampai akhir dan selalu menginspirasi semua orang yang dekat dengannya," demikian bunyi pernyataan dari keluarga.

Khan melakukan debut di layar lebar dalam drama yang dinominasikan Academy Award 1988 "Salaam Bombay!", sebuah kisah tentang anak jalanan di Mumbai. Dia kemudian bekerja dengan sutradara Mira Nair, Wes Anderson, dan Ang Lee.

Pada 2018 lalu, Khan sempat didiagnosis menderita kanker neuroendokrin yang langka, dan menjalani perawatan berbulan-bulan di Inggris.

"Saya percaya, saya telah menyerah," tulis Khan dalam sebuah catatan tentang pertempurannya melawan kanker.

Khan memenangkan sejumlah penghargaan film di India, termasuk Penghargaan Film Nasional India 2012 untuk aktor terbaik untuk penampilannya dalam "Paan Singh Tomar", sebuah kisah tentang seorang atlet juara nasional tujuh kali yang keluar dari angkatan bersenjata India.

Khan menerima Penghargaan Roh Independen untuk aktor pendukung pada 2006, untuk drama India-Amerika "The Namesake", dan penghargaan pilihan pemirsa di festival Cannes 2013 untuk perannya dalam drama romantis India "The Lunchbox."

Khan juga membintangi "Haider" yang terinspirasi Hamlet, sebuah film Bollywood yang berlatar militer Himalaya Kashmir.

Penghargaan lainnya datang dari Bollywood, termasuk dari sesama aktor Amitabh Bachchan, yang mengatakan Khan merupakan sosok yang memiliki "bakat luar biasa" dan "kontributor produktif untuk World of Cinema."

"Khan meninggalkan kita terlalu cepat," tulis Amitabh Bachchan di Twitter.

Film Bollywood terakhir Khan, "Angrezi Medium", sekuel dari film "Hindi Medium" (2017), dirilis sebelum India memasuki karantina wilayah nasional pada Maret lalu karena pandemi virus corona.

Dia meninggalkan seorang istri, sekaligus penulis televisi dan produser Sutapa Sikdar, dan putra-putranya, Babil dan Ayan.

KEYWORD :

Irrfan Khan Aktor Bollywood Life of Pie Seputar Film




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :