Sabtu, 20/04/2024 02:00 WIB

Kemenkes Keluarkan Health Alert Card

Infografis deteksi dan pengawasan./foto:caribbean360

Jakarta - Kasus virus Zika yang bertambah di negeri jiran, Singapura, membuat Indonesia terus meningkatkan kewaspadaan. Terlebih, hingga sekarang sudah terdeteksi sejumlah 82 orang terjangkit virus yang menyebabkan adanya kelainan pada bayi dan kerusakan saraf pada orang dewasa.

Pada laman kementerian kesehatan (Kemenkes) telah menyatakan bahwa mereka telah meningkatkan pengawasan terhadap lalu lintas perbatasan antara Singapura dan Indonesia, khususnya di Kota Batam. Sebab, letak geografis yang dekat dan memiliki mobilitas tinggi antar kedua negara.(Baca: Virus Zika Serang Singapura, Apa Antisipasi Indonesia?)

"Sejak tadi pagi untuk meningkatkan awareness kepada seluruh petugas kesehatan dan juga masyarakat kita, saya telah keluarkan surat perintah kepada seluruh Kantor Kesehatan Pelabuhan yang ada di seluruh pintu masuk, untuk melakukan surveilans dan pemantauan lebih teliti lagi," ujar dr. H. Mohamad Subuh, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, di lamannya seperti dikutip Jurnas.com (31/8).

Untuk melakukan pengawasan, mencegah dan mendeteksi, Kemenkes memberikan Health Alert Card kepada setiap penumpang di setiap pintu masuk, baik dari Indonesia ke Singapura dan sebaliknya.(Baca: Begini Dampak Virus Zika)

"Bentuk kartunya sederhana. Ada peringatan yang memberikan informasi, bahwa apabila dalam waktu 10 hari Anda di rumah, Anda mengalami demam dengan ciri-ciri demam tinggi, ada ruam atau bercak pada kulit, maka segera melapor ke fasilitas kesehatan yang ada seperti Puskesmas atau rumah sakit dengan harus membawa kartu tersebut," jelas Subuh.

Menurut Subuh, pemberian Alert Card akan lebih memudahkan untuk memonitor penumpnag yang diduga terinfeksi virus Zika, selai ndilakukan screening dan thermal scanner. Jika seseorang telah terinfeksi dan telah masuk dalam masa inkubasi, yakni 7 - 10 hari, maka penggunaan thermal scanner akan lebih optimal.

"Kalau ada orang yang sudah terinfeksi tetapi baru masuk hari ke-5 ini belum menunjukkan ada gejala demam, sehingga akan underutilize untuk kita pantau atau monitoring," ucap Subuh. Tentu saja, pemerintah membutuhkan peran masyarakat untuk mealporkan jika ada kejadian-kejadian yang diduga akibat virus Zika.[]

KEYWORD :

virus zika singapura antisipasi indonesia menteri kesehatan health alert card




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :