Sabtu, 20/04/2024 05:44 WIB

Telah Hadir Inpari Arumba, Padi Kaya Antioksidan

Beras sudah bergeser menjadi makanan dengan fungsi khusus terutama berkaitan dengan kesehatan.

Inpari Arumba, Varietas Unggul Baru (VUB) dengan kandungan pigmen tinggi. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian (Kementan) menghadirkan Inpari Arumba, Varietas Unggul Baru (VUB) dengan kandungan pigmen tinggi.

Di awal 2019, Balitbangtan sudah melepas beberapa varietas padi khusus dengan kandungan pigmen yang tinggi, yaitu Jeliteng untuk varietas padi hitam dan Pamelen serta Pamera yang merupakan varietas padi merah.

Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry menyampaikan, perakitan VUB ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan atas permintaan beras yang bermanfaat untuk kesehatan.

"Varietas padi merah, Inpari Arumba siap diperkenalkan ke masyarakat, petani utamanya. Arumba berasal dari kata `arum` yang artinya wangi, dan `abang`, yang berarti merah," jelas Fadjry.

Fadjry berharap kehadiran Arumba yang usianya belum genap lima bulan ini tidak hanya berfungsi sebagai makanan pokok, tapi juga untuk memenuhi gizi tambahan.

"Ketersediaan varietas padi yang memiliki beras berwarna merah dengan kandungan senyawa fenolik tinggi, serta beraroma akan memberikan pilihan bahan pangan sehat dan membuka peluang pasar yang luas dan menekan impor," kata Fadjry.

Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi), Priyatna Sasmita menjelaskan, beras sudah bergeser menjadi makanan dengan fungsi khusus terutama berkaitan dengan kesehatan.

Karena itu, menurut Priyatna, beras berpigmen merupakan salah satu beras khusus yang banyak dicari untuk dikonsumsi karena dipercaya dapat berfungsi sebagai antioksidan.

"Beras merah sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena mengandung antosianin (senyawa fenolik) yang bersifat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit pada manusia," jelasnya.

Balitbangtan terus mendukung ketersediaan variasi pilihan varietas dengan upaya perbaikan dari varietas yang sudah ada. Pada awal 2020, BBPadi merilis varietas padi beras merah Inpari Aruma.

Inpari Aruma merupakan hasil persilangan antara varietas padi aromatik Sintanur dengan Bahbutong yang memiliki beras warna merah dan tahan hama wereng coklat sehingga diperoleh Inpari Aruma yang memiliki beras merah dan wangi.

Varietas ini juga tahan terhadap serangan wereng coklat biotipe 1, agak tahan biotipe 2 dan 3, serta agak tahan terhadap empat ras utama blas daun. Rasa nasi varietas ini pulen sehingga dapat mengurangi stigma masyarakat bahwa beras merah cenderung kurang nikmat untuk dimakan.

Untuk mempercepat penyebaran varietas Inpari Aruma, pada saat ini Unit Pelaksana Benih Sumber (UPBS) BBPadi sedang memproduksi benih varietas Inpari Arumba untuk kelas BS (label kuning) dan SS (label ungu).

KEYWORD :

Inpari Arumba Padi Antioksidan Priyatna Sasmita Beras Merah Hasil Inovasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :