Sabtu, 11/07/2020 02:03 WIB

Dampak Ekonomi Akibat Corona Bakal Terasa Hingga Akhir 2021

Perekonomian di seluruh dunia mengucurkan stimulus senilai US$ 8 triliun, tetapi sekitar US$ 7 triliun di antaranya berasal dari negara-negara G20

International Monetary Fund (IMF)

Jakarta, Jurnas.com - Sentimen akibat wabah Virus Corona (Covid-19) terhadap perekonomian global diprediksi bakal masih terasa hingga akhir 2021 mendatang.

Kepala ekonom International Monetary Fund (IMF) Gita Gopinath mengatakan, IMF telah merevisi ke bawah proyeksi pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi global bakal menyusut 3 persen tahun ini, lalu menguat 5,8 persen tahun lalu. Namun, pemulihan tersebut bersifat parsial.

"Hingga akhir 2021, kami memperkirakan aktivitas ekonomi masih lebih lemah dibanding proyeksi kami sebelum ada pandemi ini," kata Gita kepada CNBC.

Pandemi virus corona yang telah menginfeksi 2,4 juta orang dan menewaskan hampir 165.000 orang telah memaksa negara-negara di seluruh dunia menghentikan aktivitas ekonomi mereka. Bank sentral dan pemerintahan di seluruh dunia mengucurkan aneka stimulus dengan cepat untuk meringankan dampak dari wabah Covid-19.

"Dibandingkan krisis finansial global, respons sekarang lebih cepat dan lebih besar," kata dia.

Menurut IMF, perekonomian di seluruh dunia mengucurkan stimulus senilai US$ 8 triliun, tetapi sekitar US$ 7 triliun di antaranya berasal dari negara-negara G20.

"Kami lebih khawatir terhadap respons negara berkembang yang memiliki ruang fiskal yang ketat, dan harus menghadapi masalah neraca eksternal. Mereka berada di posisi yang sulit," kata dia.

TAGS : Virus Corona Covid-19 IMF Ekonomi Global




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :