Jum'at, 19/04/2024 06:55 WIB

Payudara Membesar? Kenali Penyebabnya

Tetapi, pernahkah kamu mengalami payudara terasa membesar dan kencang dengan sendirinya?

Ilustrasi pembengkakan pada payudara wanita (foto:google)

Jakarta, Jurnas.com -  Memiliki tubuh yang proposional dan menarik merupakan idaman semua wanita. Segala acara dilakukan untuk menunjang penampilannya, termasuk dengan keindahan payudaranya.

Pria pun akan menaruh perhatian lebih kepada perempuan yang mempunyai payudara besar serta kencang. Umumnya seorang perempuan memutuskan untuk memperbesar payudaranya dengan cara operasi dengan alasan ingin tampil sempurna.

Tetapi, pernahkah kamu mengalami payudara terasa membesar dan kencang dengan sendirinya? Bila ini teradi, maka harus menjadi perhatian khusus dan di cermati agar dapat mengetahui penyebabnya. Bisa saja ini tanda adanya penyakit berbahaya dan harus ditangani seorang ahli.

Dikala pramenstruasi dan juga masa kehamilan merupakan hal yang wajar bila payudara mengalami pembengkakan. Ini disebabkan  adanya perubahan hormon yang terjadi. Hal yang wajar bila ini terjadi. Hampir 50 persen wanita mengalami finrosistik payudara atau benjolan bukan kanker ini.

Payudara membesar disebabkan infeksi dari bakteri memicu terjadinya nanah di bawah permukaan kulit disebut abses. Kumpulan nanah tersebut harus segera dikeluarkan. Abses memberikan rasa panas, kulit yang berwarna kemerahan, bengkak dan menimbulkan demam.

Bahkan, benjolan tumor walaupun bukan kanker pada payudara dapat menyebabkan payudara membesar. Tetap saja, harus segera ditangani untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Bila payudara yang membesar karena kanker, dengan penanganan sedini mungkin akan memudahkan dalam penyembuhan. Ukuran besar atau kecil benjolan akan menjadi perkiraan seberapa tinggi tingkatan dan juga jenis kanker yang dialami.

Ibu menyusui bisa saja mengalami mastitis atau infeksi karena bakteri yang masuk ketika adanya bakteri pada mulut bayi. Bakteri masuk ke dalam payudara melalui luka terbuka di puting payudara. Saat terjadi infeksi, umumnya payudara akan bengkak dan terasa sakit.

Siapa bilang pria terbebas dari pembesaran payudaara. Pembesaran payudara terjadi pada laki-laki yang disebut gynecomastia. Biasanya terjadi pada laki-laki masa pubertas. Gynecomastia terjadi disebabkan adanya perubahan alami dari estrogen dan testoteron. Tetapi, hal ini merupakan hal yang normal.

Seorang perempuan sudah memasuki pubertas juga mengalami pembesaran pada payudaranya. Hal ini terjadi karena hormon yang berfluktasi. Saat proses pembesaran terjadi, biasanya disertai dengan rasa sakit, nyeri, perubahan puting susu, terdapat benjolan pada payudara dan juga sekresi puting susu.

Bukan itu saja, mengkonsumsi beberapa jenis obat yang mengandung estrogen seperti pil KB dapat terjadinya pembengkakan pada payudara. Penyebab payudara dapat membesar lainnya, yakni jika mengkonsumsi garam dan kafein dalam jumlah tinggi. 

KEYWORD :

Membesar Payudara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :