Selasa, 16/04/2024 12:43 WIB

Pusbarindo Pastikan Harga Bawang Putih Segera Turun

Akar permasalahan dari kekacauan pasokan bawang putih selama ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu bergantung pada kecepatan Pemerintah dalam memberikan izin.

Bawang putih (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Harga bawang putih di beberapa tempat, khususnya di luar Jawa, tercatat masih cukup tinggi dengan kisaran harga Rp36,000-Rp48,000 per per kg.  Hal ini disebabkan sebagian besar bawang putih masih dalam perjalanan menuju ke Indonesia.

Menurut data Perkumpulan Pelaku Usaha Bawang Putih dan Sayuran Umbi Indonesia (Pusbarindo), hingga hari ini total bawang putih yang sudah berangkat dari China menuju pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak dan Belawan, sudah mencapai 60.000 ton.

Ketua Pusbarindo, Valentino mengatakan, jumlah ini akan terus bertambah karena Kementerian Pertanian (Kementan) sudah merilis Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) sebanyak 600.000 ton kepada 74 pelaku usaha.

"Jumlah ini sudah melebihi kebutuhan nasional pertahun sebesar 500.000 ton. Dengan begitu, kekhawatiran akan terjadinya kelangkaan bawang putih menjelang bulan Rahadan dan Idul Fitri seharusnya tidak perlu terjadi," kata Valentino dalam keterangan tertulisnya diterima jurnas.com.

Karena itu, Valentino mendorong semua pelaku usaha, baik anggota maupun non-anggota, yang sudah mendapatkan izin RIPH agar segera merealisasikan importasinya dan mendistribusikannya ke seluruh daerah demi menjaga ketersediaan bawang putih menjelang Ramadan.

Valentino mengatakan, harga jual bawang putih dari importir sudah turun dari Rp29.000 menjadi Rp20.000 per kg.

Menurutnya, harga yang relatif masih tinggi di tingkat pengecer disebabkan stok lama yang diberli dengan harga yang mahal di tingkat distributor besar, distributor menengah dan agen kecil (pengecer) masih cukup banyak.

Namun begitu, Valentino meyakini fenomena ini tidak akan berlangsung lama karena guyuran bawang putih dari importir akan mendorong harga bawang putih ditingkat distributor besar, distributor menengah dan Pengecer turun sesuai mekanisme pasar.

"Insyallah dalam waktu yang tidak terlalu lama, harga di tingkat eceran bisa kembali ke harga normal dibawah Rp30.000 per kg," ujar Valentino.

Melansir data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) harga bawang putih nasional masih di kisaran Rp43.600 per kg pada Rabu (15/4). Harga ini masihg melampaui yang ditetapkan pemerintah, Rp32.000 per kg. 

KEYWORD :

Harga Bawang Putih Stok Bawang Putih Bawang Putih Impor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :