Selasa, 23/04/2024 13:37 WIB

Meski Kasus Corona Menurun, WHO Imbau Tetap Lakukan Social Distancing

Di seluruh dunia, ada 1,87 juta kasus dan lebih dari 116.000 kematian

Ilustrasi virus corona (Foto: Lizabeth Menzies/AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak negara-negara untuk melanjutkan penguncian dan pembatasan jarak sosial (Social Distancing) meskipun tingkat infeksi mulai mereda di banyak bagian dunia.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan langkah-langkah itu masih diperlukan karena pengetahuan tentang penyakit virus corona belum lengkap - dan masih belum diketahui secara pasti apakah pasien yang sembuh kebal dari infeksi ulang.

"Itu berarti langkah-langkah pengendalian harus diangkat perlahan-lahan, dan dengan kontrol," katanya pada pembaruan harian WHO dari Jenewa, Swiss, dilansir UPI, Selasa (14/04).

"Itu tidak bisa terjadi sekaligus. Langkah-langkah pengendalian hanya dapat dicabut jika ada langkah-langkah kesehatan masyarakat yang tepat, termasuk kapasitas yang signifikan untuk pelacakan kontak," tambahnya.

Ghebreyesus mengatakan WHO akan mengeluarkan pedoman baru pada hari Selasa dengan enam kriteria untuk pihak berwenang yang sedang mempertimbangkan pelonggaran pembatasan. Mereka akan memasukkan apakah penularan penyakit dikendalikan dan jika sistem kesehatan nasional memiliki kapasitas untuk melacak setiap kontak dan menangani setiap kasus.

Pedoman lain akan meminta risiko untuk diminimalkan dalam pengaturan seperti fasilitas kesehatan dan panti jompo; tempat kerja yang akan diamankan; risiko impor yang akan dikelola; dan masyarakat untuk sepenuhnya dididik, dilibatkan dan diberdayakan untuk menyesuaikan diri dengan norma baru.

Sebelumnya, Pesiden AS Donald Trump dan beberapa pemimpin politik lainnya telah menyuarakan dukungan untuk membuka kembali sekolah dan bisnis sesegera mungkin. Trump mengatakan dia ingin melihatnya terjadi pada bulan Mei.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memperpanjang penguncian Prancis hingga 11 Mei, dengan mengatakan "epidemi belum terkendali" di negara itu.

Macron mengatakan pusat penitipan anak dan sekolah akan dibuka kembali pada akhir penutupan sementara warga negara yang paling rentan, terutama orang tua akan diperintahkan untuk tetap berada di dalam.

Dia bersumpah pihak berwenang akan siap untuk menguji dan mengkarantina siapa pun dengan gejala dan topeng "masyarakat umum" akan tersedia pada tanggal itu.

Kepala Penasihat Ilmiah Inggris Patrick Vallance mengatakan pada hari Senin bahwa ia memperkirakan jumlah kematian akibat virus korona terus meningkat minggu ini dan bahwa negara itu tidak boleh mengendurkan pembatasan sampai negara itu "tegas di sisi lain," menyiratkan mereka bisa tetap di tempat untuk setidaknya sebulan lagi.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, yang menjadi wakil Perdana Menteri Boris Johnson ketika ia pulih dari coronavirus, setuju menambahkan bahwa "sangat penting" untuk tidak mengesampingkan pembatasan pada titik ini.

"Kami tidak berharap untuk membuat perubahan pada langkah-langkah yang saat ini diterapkan pada saat itu dan kami tidak akan sampai kami percaya diri, seyakin kami bisa, bahwa setiap perubahan tersebut dapat dilakukan dengan aman," kata Raab .

Di seluruh dunia, ada 1,87 juta kasus dan lebih dari 116.000 kematian, menurut Universitas Johns Hopkins .

Sebelumnya Senin, China melaporkan lebih dari 100 kasus baru, penghitungan harian tertinggi sejak awal Maret, tetapi mencatat bahwa semua kecuali 10 diimpor.

China telah melihat penurunan yang stabil dalam kasus-kasus baru sejak puncaknya pada awal Februari. Tetapi seiring dengan menurunnya infeksi asli Tiongkok, jumlah kasus impornya meningkat, memicu kekhawatiran gelombang kedua.

Untuk membendung kasus impor, Beijing telah mengadopsi langkah-langkah yang mencakup penutupan pos pemeriksaan perbatasan dengan Rusia, tempat banyak kasus impor berasal.

Lebih dari 3.340 kematian terkait wabah telah dilaporkan di Tiongkok.

KEYWORD :

Lembaga WHO Virus Corona Social Distancing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :