Kamis, 18/04/2024 20:51 WIB

Inspiratif, Ada Menteri di Prancis Dulunya Penggembala Kambing

Meski jarang bergaul, namun minat Najat terhadap dunia politik membuat langkahnya tak terhenti. Usai kelulusannya, ia langsung ikut bergabung dengan Partai Sosia

Najat Belkacem, menteri Pendidikan Nasional Prancis./foto:storypick

Jakarta - Siapa sangka, Menteri Pendidikan Nasional Prancis, Najat Belkacem, dulunya adalah seorang penggembala kambing yang bahkan sering dibully oleh temannya? Kini ia sukses dengan segala kisah yang menginspirasi banyak orang.

Gadis cantik ini lahir pada tahun 1977, di sebuah pedesaan Maroko, Bani Chiker, Provinsi Nador, Maroko. Lahir dalam keluarga sederhana dengan tujuh saudara, membuatnya harus bekerja keras. Bersama kakak-kakaknya, Najat Belkacem menghabiskan masa kecilnya dengan ikut menggembala kambing milik kakeknya.

Ayahnya seorang pekerja bangunan sudah lebih dulu tinggal di Prancis. Bersama ibunya, ayahnya memilih menetap di kota Abbevile, Provinsi Amiens, sekira 2 jam perjalanan dari Paris. Saat Najat kecil berusia lima tahun, ia diminta ikut ayahnya ke Abbevile.

"Saya meninggalkan Maroko saat usia 4 tahun, yang saya ingat berlarian di pegunungan dengan kambing. Mungkin melihat mobil bisa sebulan sekali. Sungguh indah. Meskipun saya harus beradaptasi dan belajar setiap hari ketika harus pindah ke Prancis," kata Najat kepada NYTimes.

Pada tahun 2002, Najat lulus dari Institut d`études politiques de Paris (Paris Institut Studi-Studi Politik). Sewaktu masih di kampus, Najat seorang gadis yang pemalu. Ia dilarang ayahnya bergaul. Waktu hanya Najat habiskan untuk belajar. Lantaran itulah ia banyak menjadi candaan, tentang mimpi-mimpi imigran.

Meski jarang bergaul, namun minat Najat terhadap dunia politik membuat langkahnya tak terhenti. Usai kelulusannya, ia langsung ikut bergabung dengan Partai Sosialis. Bersama sejawatnya, ikut membantu Gérard Collomb, Walikota Lyon saat itu, memperjuangkan hak-hak warga sipil, memberikan akses pekerjaan dan perumahan, serta melawan diskriminasi.

Karirnya di dunia politik semakin cemerlang. Itu dibuktikan dengan terpiliuhnya Najat Belkacem sebagai anggota dewan kota di Rhone Alpes, pada 2004 hingga 2008. Kecerdasannya dalam mengelola isu yang berkaitan langsung dengan publik semakin diakui. Najat Belkacem mulai diakui sebagai politisi perempuan yang tangguh.

François Hollande, sewaktu menjabat sebagai Presiden pada tahun 2012, memasukkan Najat Belkacem ke dalam kabinet sebagai Menteri Hak-Hak Perempuan dan juru bicara pemerintah.

Perjalanan karirnya tak semulus yang dibayangkan. Najat adalah sasaran empuk hujatan dan komentar-komentar rasis. Najat yang merupakan imigran muslim, melalui karirnya dengan begitu banyak komentar sinis. Ketangguhan Najat Belkacem sebagai politisi dibuktikannya pada tahun 2014. Seorang gadis kecil yang berlari-lari menggembala kambing telah berubah menjadi Menteri Pendidikan Nasioinal. Inspiratif.[]

KEYWORD :

prancis inspiratif najat belkacem menteri pendidikan nasional imigran penggembala




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :