Kamis, 13/12/2018 07:37 WIB

Ekonomi Kreatif Disebut Sebagai Masa Depan Indonesia

Sejak tahun 2010 hingga 2013 industri kreatif mampu menyumbang 5,3% untuk pertumbuhan nasional

Gubernur BI Agus Martowardjojo (beritapirma.com)

Jakarta - Ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia. Industri yang menciptakan berbagai barang memiliki nilai tambah miliki potensi yang besar untuk dikembangkan di Indonesia.

"Ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia. Indonesia memiliki industri kreatif dan sangat potensial dikembangkan ke depan," kata Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, mengatakan, saat buka pameran UMKM binaan BI di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Potensi yang besar dilihat dari kenaekaragaman budaya tiap daerah yang memiliki ciri khas masing-masing. Ini kelebihan yang tidak dimiliki negara lain selain Indonesia.

"Salah satu kebudayaan dan kearifan lokal tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Modal tersebut menjadi sumber kekuatan industri kreatif yang tidak dimiliki bangsa lain," tutur Agus.

Agus menyebutkan, sejak tahun 2010 hingga 2013 industri kreatif mampu menyumbang 5,3% untuk pertumbuhan nasional. Industri kreatif ini juga berkontribusi terhadap ekspor sebesar 6,1% dan menyerap 10,1% tenaga kerja.

Industri pariwisata yang juga beririsan dengan industri kreatif di Indonesia belakangan ini juga berkembang dengan pesat. Sinergi pemerintah pisat dan daerah dibutuhkan untuk mengembangkan sektor pariwisata dalam negeri dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung.

"Terobosan pemerintah membuka perekonomian Indonesia tumbuh lebih cepat," tutup Agus.

TAGS : Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardjojo Ekonomi Kreatif




TERPOPULER :