Rabu, 24/04/2024 16:36 WIB

Impor Sudah Masuk, Ko Harga Bawang Putih Masih Mahal?

Sementestinya, dengan kehadiran bawang putih impor ini sudah mampu menstabilkan harga ke level normal, jika benar bawah komoditas tersebut sudah masuk ke pasar-pasar di Tanah Air.

Bawang putih (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Mestinya bawang putih impor dari China yang sudah sandar di tiga pelabuhan besar di Indonesia, yaitu Tanjung Priok, Tanjung Perak, dan Pelabuhan Belawan, sudah mampu mengembalikan harga bawang putih ke titik normal. Kenyataanya tidak.

Dari pantauan Jurnas.com di Pusat Informasi Harga Pangan Strategi Nasional (PIHPS) per Rabu (1/4), harga bawang putih ukuran sedang masih berada di zona merah alias mengalami lonjakan, yaitu Rp45.200 per kg.

Bawang Putih impor yang sudah masuk di Indonesia sejak 11 Maret 2020 ini merupakan bagian dari 450.000 ton dari Rekomendasi Impor Produk Holtikultura (RIPH) yang diterbikan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk kebutuhan 10-11 bulan ke depan.

Direktur Jenderal Hortikultura, Kementan, Prihasto Setyanto mengatakan, total bawang impor yang sudah masuk melalui Surabaya, yakni sebanyak 7.700 ton.

"Hari ini di Tanjung Perak, Surabaya kedatangan 1.500 ton bawang putih impor dari China dengan menggunakan 40 kontainer. Kedatangan bawang putih ini diharapkan akan menurunkan harga bawang putih dari 30.000 per kg menjadi 20.000," ujar Prihasto pada awal pekan ini.

Sementestinya, dengan kehadiran bawang putih impor ini sudah mampu menstabilkan harga ke level normal, jika benar bawah komoditas tersebut sudah masuk ke pasar-pasar di Tanah Air.

Prihasto juga memastikan bahwa setiap pekan akan ada 100 -150 kontainer yang akan mendarat di empat pelabuhan di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu melakukan belanja berlebihan (Panic Buying).

"Kedatangan ini akan berlanjut terus, sudah ada jadwalnya sampai akhir tahun. Minggu depan juga akan ada yang masuk lagi. Karena kami sudah menerbitkan RIPH 450.000 ton bawang putih untuk 54 importir," tegasnya.

Sekadar diketahui,  sebanyak 54 importir ini juga memiliki kewajiban menanam bawang putih di Tanah Air yang bekerjasama dengan petani lokal. Ketetapan ini berlaku setelah bawang putih impor pesanan mereka datang hingga 1 tahun kedepan.

KEYWORD :

Bawang Putih Prihasto Setyanto Bulan Ramada Harga Bawang Putih




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :