Rabu, 24/04/2024 15:39 WIB

Presiden Meksiko Dituding Plagiat

Video itu menduga, hampir 29 persen tesis Presiden Enrique plagiat yang diambil dari penulis-penulis lain tanpa menyebutkan nama. 

Jakarta - Presiden  Meksiko, Enrique Pena Nieto, diduga telah melakukan plagiat terkait tesis hukumnya di Universitas Panamericana, sebuah universitas swasta di Meksiko. Ini berdasarkan temuan para jurnalis yang menayangkan videonya di situs Aristequi Noticias.

Video itu menduga, hampir 29 persen tesis Presiden Enrique plagiat yang diambil dari penulis-penulis lain tanpa menyebutkan nama.   Laporan jurnalis yang diberitakan bbc, 197 dari 682 paragraf tesis Pena Nieto meniru sejumlah penulis, mulai dari sejarahwan Meksiko, Enrique Krauze, sampai ke akademisi dari Universitas New Mexico, Linda Hall.

Diduga, sejumlah paragraf yang dipertanyakan tidak ditulis di antara tanda kutip dan sebagian penulis asli bahkan tidak disebutkan dalam daftar pustaka tesis.

Juru bicara pemerintah Eduardo Sanchez mengatakan,  Presiden melakukan kesalahan gaya penulisan karena tidak menyebutkan sumbernya, tetapi menyangkal terjadinya plagiarisme. Dia juga terkejut,   kesalahan gaya seperti kutipan tanpa tanda kutipan dan tidak terdapatnya referensi kepada para penulis itu telah menjadi perhatian para wartawan dua setengah dekade sesudahnya.

KEYWORD :

Enrique Pena Nieto Plagiat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :