Kamis, 25/04/2024 20:17 WIB

Menpora Sambut Baik Rencana Mobile Masjid di Perhelatan Olimpiade 2020

Menpora RI, Zainudin Amali

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali menyambut baik rencana kehadiran Mobile Mosque atau Mobil Masjid yang akan di pentaskan dalam perhelatan akbar Olimpiade 2020 Tokyo.

Demikian apresiasi yang disampaikan Menpora saat menerima kunjungan Chairman Pandan College, Richardo Susilo, di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

"Kita berharap mulai Juni mendatang semua even Olimpiade berlangsung lancar tidak ada hambatan, Mobil Masjid ini bagus sekali kami menyambut baik, tetapi untuk teknisnya kontingen Indonesia terkait kebutuhan dan promosi komunikasikan dengan CdM Kontingen Indonesia serta NOC," kata Menpora.

Menurut Richard, Mobile Mosque atau Mobil Masjid akan digunakan saat perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 itu berbentuk sebuah Truk yang didesain sedemikian rupa menjadi Masjid portable yang bisa digunakan untuk sholat 30 hingga 50 jemaah dan menggunakan teknologi canggih.

"Mobil masjid ini sudah menggunakan teknologi tercanggih di dunia salah satunya dari truk menjadi Masjid berjalan hanya dalam 5 menit sangat canggih dan sudah ada AC, tempat wudu yang airnya di recycle, mobil masjid ini juga multi fungsi," ujar Richard.

Sementara itu, CEO YASU Project Co.Ltd, Yasuharu Inoue mengatakan bahwa Mobile Masjid itu tidak hanya berfungsi sebagai menjadi masjid atau mushola saja, akan tetapi, Truk itu juga dapat dimodifikasi sebagai camp, mobil kampanye, mobil panggung musik dan lain-lain.

"Dua tahun lalu saya juga berpartisipasi di Asian Games Indonesia semoga melalui Mobil Masjid ini Jepang dan Indonesia bisa bekerjasama baik di bidang promosi dan dibidang olahraga khususnya," Yasuharu Inoue.

"Saya mendekatkan diri dengan Indonesia karena merupakan muslim terbesar di dunia, semoga dengan ini bisa bekerja sama serta semoga Virus Corona dengan berdoa bersama dengan mobil Masjid dan bisa dicatat kerjasama yang baik antara Indonesia-Jepang," tambahnya.

Dengan mobile masjid ini lanjutnya, Yasuharu Inoue, Truk tersebut juga bisa digunakan juga untuk menjadi stand Indonesia di Olimpiade Tokyo dan juga sebagai ajang mempromosikan Indonesia, Islam dan olahraga.

"Kita juga promosikan semoga virus Corona bisa melemah dan hilang dan Olimpiade Tokyo bisa sukses," harapnya.

Turut hadir dalam silaturahmi tersebut yakni, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta, Chairman Pandan College, Richardo Susilo, CEO YASU Project Co.Ltd, Yasuharu Inoue dan Account Director YASU Project Co. Ltd, Ryota Nishikawa.

KEYWORD :

Menpora Mobile Masjid Olimpiade




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :