Rabu, 24/04/2024 02:05 WIB

Antisipasi Lonjakan Harga Bapok, Kemendag Kerahkan Tim Penetrasi Pasar

Konferensi Pers Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Barang Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (3/3).

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengantisipasi kenaikan permintaan masyarakat terhadap barang kebutuhan pokok (bapok) menjelang bulan puasa dan lebaran yang tinggal menghitung hari.

Penegasan itu disampaikan usai menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Hari Besar Keagamaan Nasioanl (HBKN) Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/3).

"Puasa dan Lebaran biasanya terjadi peningkatan permintaan masyarakat, terutama bapok, yang dapat berdampak pada kenaikan harga. Untuk itu, kita perlu mengantisipasi kondisi tersebut sejak jauh-jauh hari agar masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang, tanpa terbebani naiknya harga pangan atau kelangkaan barang," ujar Agus.

Rakornas ini, lanjut Agus, merupakan langkah pemerintah mengidentifikasi kesiapan kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, dan pelaku usaha dalam menjaga stabilitas harga bapok menjelang bulan puasa dan Lebaran.

Setelah Rakornas, selanjutnya akan dilaksanakan rapat koordinasi ke daerah-daerah (Rakorda) dan pemantauan langsung ke pasar rakyat, ritel modern, gudang Bulog, dan distributor di 34 provinsi. Program tersebut akan dilaksanakan pada minggu ke-2 Maret hingga minggu ke-2 April 2020.

Kemendag akan menurunkan Tim Penetrasi Pasar ke 205 pasar pantauan di 82 kabupaten/kota untuk mengawal kelancaran dan kecukupan stok/pasokan bapok di pasar rakyat.

Agus menjelaskan, apabila ada potensi kekurangan pasokan, maka tim akan bekerja sama dengan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, Perum Bulog, satgas pangan, serta para pelaku usaha barang kebutuhan pokok untuk segera melakukan suplai langsung kepada para pedagang yang ada di pasar.

Ia menekankan, agar pasokan dan harga bapok tetap terkendali seperti tahun-tahun sebelumnya, diperlukan sinergi langkah dan upaya pemerintah pusat bersama pemerintah daerah, beserta pelaku usaha pangan.

"Saya mengapresiasi kerja sama dan koordinasi kita dalam mengendalikan tingkat inflasi kelompok bahan makanan dalam tiga tahun terakhir. Inflasi dapat terkendali di bawah 5%, di tengah kondisi cuaca ekstrem yang cukup mengganggu kelancaran produksi dan distribusi pangan
khususnya 2019 lalu," ujar Agus.

KEYWORD :

Agus Suparmanto Kebutuhan Pokok Bulan Puasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :