Kamis, 25/04/2024 16:04 WIB

Pengadilan Turki Digerebek Polisi

Pihak-pihak yang ditahan akan ditanyai atas dugaan mereka mendukung pria yang dituduh menjadi otak kudeta, ulama yang bertempat tinggal di Amerika Serikat, Fethullah Gulen.

Turki - Operasi penangkapan  pemerintahan Turki usai gagalnya kudeta beberapa pekan lalu, terus digencarkan. Kali ini, kepolisian setempat  melakukan penggerebekan terhadap tiga gedung pengadilan di Istanbul. Operasi dilakukan setelah dikeluarkannya surat perintah penangkapan terhadap lebih dari 170 jaksa dan staf peradilan lainnya.

Pihak-pihak yang ditahan akan ditanyai atas dugaan mereka mendukung pria yang dituduh menjadi otak kudeta, ulama yang bertempat tinggal di Amerika Serikat, Fethullah Gulen. Dia telah menyangkal terlibat pemberontakan, sementara Amerika menyatakan perlunya bukti keterlibatan Gulen.

Puluhan ribu tentara, pegawai negeri dan pihak-pihak lain ditangkap karena diduga terlibat kudeta sementara pemerintah berusaha membasmi gerakan pendukung Gulen. Fatulleh Gulen mengasingkan diri sendiri dan tinggal di Pennsylvania, AS. Lebih dari 270 orang tewas dalam kudeta gagal dan belasan ribu orang ditahan sesudahnya. (bbc)

KEYWORD :

Recep Tayyip Erdogan Turki Kudeta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :