Jum'at, 26/04/2024 01:54 WIB

Ma`ruf Cahyono Ajak Alumni Fakultas Hukum Unsoed Rawat Kebhinnekaan

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dibangun atas nilai-nilai keteladanan Panglima Besar Jemderal Soedirman.

Ketua Umum Keluarga Alumni Fakultas Hukum (KAFH) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Ma`ruf Cahyono, di depan sekitar 1.500 alumni FH Unsoed dalam gala dinner Reuni Akbar KAFH Unsoed di Java Heritage Hotel Purwokerto, Sabtu malam (22/2).

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Keluarga Alumni Fakultas Hukum (KAFH) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Ma`ruf Cahyono, mengajak alumni Fakultas Hukum Unsoed untuk ikut merawat kebhinnekaan dan menjaga NKRI. Ini merupakan nilai-nilai keteladanan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Ajakan itu disampaikan dalam pidato singkat Ma`ruf Cahyono di depan sekitar 1.500 alumni FH Unsoed dalam gala dinner Reuni Akbar KAFH Unsoed di Java Heritage Hotel Purwokerto, Sabtu malam (22/2).

Pada Munas KAFH Unsoed yang berlangsung pada Sabtu siang Sekretaris Jenderal MPR RI itu terpilih sebagai Ketua Umum KAFH Unsoed untuk periode 2020 - 2025. Reuni Akbar KAFH Unsoed ini diikuti 35 angkatan mulai dari angkatan 1981 sampai angkata 2015 berlangsung selama dua hari 22 - 23 Pebruari 2020.

Menurut Ma`ruf Cahyono, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dibangun atas nilai-nilai keteladanan Panglima Besar Jemderal Soedirman. "Nilai-nilai keteladanan Panglima Besar Jenderal Soedirman adalah nilai-nilai jati diri bangsa yang tidak boleh hilang dari muka bumi Indonesia," katanya.

Untuk itu Ma`ruf Cahyono mengajak alumni FH Unsoed untuk terus menerus merawat kebhinnekaan dan menjaga NKRI. "Untuk itu kita harus merawat dan membumikan nilai-nilai jati diri bangsa itu. NKRI adalah harga mati," tegasnya.

Reuni Akbar Alumni FH Unsoed ini, lanjut Ma`ruf, merupakan salah satu perwujudan dari pesan Panglima Jenderal Soedirman tentang kebersamaan. "Esensi dari reuni adalah silaturahim, saling bertemu, dan bertatap muka. Ini sesuai dengan pesan Panglima Jenderal Soedirman tentang kebersamaan. Visi misi sebagai Ketua Umum KAFH Unsoed adalah visi misi bersama semua alumni," ujar pria kelahiran Banyumas ini.

"Impian kita adalah agar alumni FH Unsoed bermanfaat untuk alumni, untuk almamater, dan untuk masyarakat, bangsa, dan negara dalam rangka mendukung Tridharma perguruan tinggi," imbuhnya.

Ma`ruf berharap alumni FH Unsoed agar memiliki eksistensi tidak hanya di tataran lokal tapi juga nasional, regional bahkan internasional. "Dengan alumni yang tersebar di Tanah Air dan di luar negeri yang memiliki potensi sesuai bidang dan profesi, jika kebersamaan ini menjadi kekuatan maka alumni FH Unsoed biaa berperan dan berkiprah di tingkat nasional, regional, bahkan internasional," tuturnya.

Hari kedua Reuni Akbar FH Unsoed pada Minggu (23/2) diisi dengan kegiatan bhakti sosial dan fun game serta hiburan. Bhakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan gigi, dan pembagian sembako untuk warga masyarakat di sekitar kampus Unsoed.

"Bhakti sosial ini dalam rangka pengabdian masyarakat. Sebagai alumni kita ingin berada dalam posisi mendukung Tridharma perguruan tinggi dan mendukung almamater dalam pengabdian kepada masyarakat," kata Ma`ruf di Fakultas Hukum Unsoed, Minggu (23/2).

Dalam kesempatan itu Ma`ruf menyebutkan reuni akbar ini merupakan momentum pertama sejak Fakultas Hukum Unsoed berdiri sejak tahun 1981. "Belum pernah Fakultas Hukum Unsoed menyelenggarakan reuni akbar semeriah ini yang dihadiri ribuan orang. Peserta reuni dari berbagai daerah antusias mengikuti reuni akbar ini untuk merekatkan tali silaturahmi" ujarnya.

KEYWORD :

Kinerja MPR Ma`ruf Cahyono Universitas Jenderal Soedirman Merawat Kebhinnekaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :