Jum'at, 19/04/2024 20:59 WIB

Siswa Kharisma Bangsa Sulap Kulit Pepaya Jadi Edible Film

Dua siswa SMA Kharisma Bangsa, Aura Aisha Arba`aini dan Fatma Eliv Alivamurti berhasil menciptakan edible film dari kulit pepaya.

Siswa Kharisma Bangsa berhasil menyulap kulit pepaya menjadi edible film (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Dua siswa SMA Kharisma Bangsa, Aura Aisha Arba`aini dan Fatma Eliv Alivamurti berhasil menciptakan edible film dari kulit pepaya.

Untuk diketahui, edible film adalah lapisan tipis yang biasanya digunakan untuk melapisi buah dengan tujuan membuat kulit lebih mengkilap, dan tidak cepat busuk.

Saat ditemui di sela-sela Festival Sains dan Bahasa (FSB) 2020 yang digelar di kawasan sekolah Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, keduanya menyebut pembuatan edible ini tidak terlalu rumit.

Aura menerangkan, dia menggunakan kulit pepaya yang selama ini tidak dimanfaatkan, untuk selanjutnya dicampur dengan beberapa bahan kimia.

"Pertama kulit pepayanya dicuci, diblender, lalu dicampur alkohol dan asam sitrat," terang Aura kepada Jurnas.com pada Minggu (23/2).

Hasil pencampuran itu, lanjut Aura, akan berbentuk seperti cairan kental yang siap dioleskan ke permukaan kulit buah.

"Nanti akan kami buat seperti spray saja agar lebih mudah," imbuh dia.

Sementara Fatma, mengatakan bahwa inspirasi membuat edible film dari kulit pepaya muncul setelah keduanya membaca referensi di jurnal-jurnal ilmiah, yang menyebut bahwa terdapat pektin di kulit pepaya.

Dan dari satu hingga dua buah pepaya, keduanya mampu memeras kulitnya untuk menghasilkan 1,2 persen pektin.

"Ini tampaknya seperti lilin, tapi bisa dimakan. Rasanya manis kok," tandas dia.

KEYWORD :

Edible Film Sains Kharisma Bangsa FSB 2020




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :