Rabu, 24/04/2024 09:50 WIB

Manfaatkan WA, Baznas Kembangkan Komunitas Belajar Online

program tersebut dimaksudkan agar mahasiswa yang menjadi peserta tidak hanya memperoleh kekayaan ilmu umum

Sri Nurhayati bersama salah satu mentor Kuliah WhatsApp, Widyaretna Buenastuti

Jakarta, Jurnas.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memanfaatkan aplikasi WhatsApp (WA) untuk mengembangkan komunitas belajar online untuk mahasiswa.

Kepala Lembaga Beasiswa Baznas (LBB) Sri Nurhayati mengatakan, program itu sudah berjalan sejak enam bulan lalu dan telah diikuti oleh lebih dari seribu mahasiswa, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Kuliah melalui WhatsApp adalah upaya pembinaan yang dilakukan Baznas untuk mahasiswa penerima beasiswa Baznas," ujar Sri di acara diskusi Kewirausahaan dan launching buku Berdaya dari Ruang Maya, Rabu (19/02).

Menurut Sri, program tersebut dimaksudkan agar mahasiswa yang menjadi peserta tidak hanya memperoleh kekayaan ilmu umum, tetapi juga mendapat pengetahuan seputar adab dan akhlak dalam bersosialisasi.

“Kita sedang mengembangkan komunitas belajar online melalui program Kuliah WhatsApp dengan memanfaatkan fitur grup dalam aplikasi tersebut. Program ini berlaku untuk mahasiswa penerima beasiswa cendekia Baznas dan juga mahasiswa umum,” ujarnya.

“Kami juga menilai, karena setelah mereka mengikuti kelas Kuliah WhatsApp, mereka harus mengikuti evaluasi dalam waktu 5 sampai 10 menit. Jadi dari situ kami menilai bagaimana mereka memahami atau tidak,” tambahnya.

Senada dengan Sri, salah satu mentor Kuliah WhatsApp, Widyaretna Buenastuti mengatakan, program tersebut merupakan sebuah terobosan yang sangat sesuai diterapkan untuk generasi milenial.

"Program ini sudah sewajarnya dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan lain di luar Baznas," tandasnya.

Menurutnya, ini terobosan yang bagus, sebab informasinya bisa cepat diterima oleh mahasiswa-mahasiswa. "Bagi kami sebagai nara sumber juga sangat praktis untuk bisa menyampaikan ilmu-ilmu yang kami punya,” ujarnya.

Menurut Widya, dengan kecanggihan teknologi dan kecepatan internet di zaman seperti saat ini, maka sudah saatnya memperbarui metode-metode belajar, sehingga kapan pun dan di mana pun bukan lagi halangan untuk belajar.

KEYWORD :

Lembaga Baznas Komunitas Belajar Online




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :