Sabtu, 20/04/2024 09:32 WIB

Kwarnas Pramuka Akan Gelar Rakernas Pramuka 2020

Tema Rakernas 2020 adalah Peningkatan Peran Gerakan Pramuka dalam Bela Negara dan Penanggulangan Bencana

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta pada 19-21 Februari 2020.

JAKARTA, JURNAS.COM - Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta pada 19-21 Februari 2020.

Rapat yang dihadiri pimpinan Kwartir Daerah se-Indonesia ini akan dibuka Menpora Kak Zainudin Amali pada Rabu (19/02) pukul 13.00 WIB. Setelah itu Kak Zainudin dan Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso akan membuka Pameran Foto Kwarnas.

“Tema Rakernas 2020 adalah Peningkatan Peran Gerakan Pramuka dalam Bela Negara dan Penanggulangan Bencana,” ujar Ketua Kwarnas Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Menurutnya, Pramuka selalu yang terdepan ketika terjadi bencana hidrometeorologi dan geologi di wilayahnya. Hal ini sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma yaitu Pramuka Itu Rela Menolong dan Tabah.

Bahkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan piagam penghargaan kepada Kwarnas Pramuka sebagai organisasi/NGO yang peduli dan berperan aktif dalam penanggulangan bencana tahun 2019.

“Saya mendorong pimpinan Kwarda, Kwarcab dan Kwarran terus meningkatkan kepedulian sosial dalam bentuk kegiatan bakti masyarakat (community service) dan pembangunan masyarakat (community development) di daerahnya, secara berkala,” ungkap pria yang pernah menjabat Kepala BNN dan Kabareskrim Polri.

Budi Waseso berharap Pramuka juga menjadi yang terdepan dalam bela negara, membantu mengatasi masalah-masaah intoleransi, ujaran kebencian, kabar bohong (hoax), aksi perundungan (bullying), tawuran, penyalahgunaan narkoba, dan aksi kriminalitas yang melibatkan kaum muda.

"Gerakan Pramuka selama ini melakukan pendidikan karakter, keterampilan hidup dan meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani bagi anggotanya baik Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega," kata Budi.Waseso

Sementara itu, Ketua Panitia Rakernas 2020 Chairul Huda menjelaskan seusai upacara pembukaan, secara berturut-turut Kwarnas mengundang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Kepala BNPB Doni Monardo untuk memberikan paparan di depan sekitar 250 peserta Rakernas Pramuka 2020.

“Agar pimpinan Kwarda seluruh Indonesia mengetahui perkembangan terkini kebijakan pemerintah dan kaitannya dengan pendidikan kepramukaan,” jelasnya.

Disamping itu, kata Chairul Huda, pihaknya juga mengundang pimpinan Komisi X DPR untuk hadir pada saat konperensi pers pada Rabu (19/02) pukul 12.00 WIB di ruang Sudirman dan pembukaan Rakernas di Aula Sarbini,.Cibubur, Jakarta.

"DPR dan Pemerintah telah sepakat akan meevisi UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka masuk dalam program legislasi nasional atau Prolegnas Prioritas tahun 2020. Tim yang dibentuk Kwarnas Pramuka sedang menyiapkan draft naskah akademik dan draft RUU tersebut," tutur Chairul Huda.

KEYWORD :

Kwarnas Pramuka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :