Jum'at, 26/04/2024 05:09 WIB

Musisi Inggris Ed Sheeran Digugat

Lagu hit "Thinking Out Loud" penyanyi itu, diklaim meniru elemen-elemen inti dari lagu mendiang penyanyi soul Marvin Gaye yang keluar tahun 1973.

Jakarta - Marvin Gaye, Pewaris komposes lagu "Let's Get It On" telah melayangkan gugatan kepada  musisi Inggris Ed Sheeran. Pasalnya,  lagu hit "Thinking Out Loud" penyanyi itu, diklaim meniru elemen-elemen inti dari lagu mendiang penyanyi soul Marvin Gaye yang keluar tahun 1973.

Gugatan pelanggaran hak cipta diajukan oleh ahli waris Ed Townsend, yang menulis lirik "Let's Get It On" pada 1973 dan menciptakan komposisi musiknya menurut dokumen gugatan yang diajukan ke pengadilan federal Distrik Selatan New York. Namun oleh perwakilan Sheeran, Sony/ATV Music Publishing dan Atlantic Records, belum merespons permintaan kantor berita Reuters untuk menanggapi masalah itu.

Menurut gugatan, yang meminta kerugian akibat pelanggaran itu dinilai dalam sidang juri, progresi harmoni dan elemen-elemen ritmik sentral "Let's Get It On" membentuk struktur "Thinking Out Loud" milik Sheeran. "Terdakwa meniru 'jantung' dari 'Let's' dan mengulanginya terus menerus sepanjang 'Thinking'," menurut gugatan itu.

Sheeran, pemenang Grammy Award, menjadi salah satu artis top Inggris dalam dua tahun terakhir, dan dia juga menulis lagu untuk musisi seperti One Direction, Taylor Swift dan Justin Bieber. Gugatan itu datang dua bulan setelah musisi California menggugat Sheeran senilai 20 juta dolar AS untuk lagu "Photograph" dalam kasus lain. (Ant/Reuters)

KEYWORD :

Ed Sheeran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :