Jum'at, 19/04/2024 20:57 WIB

Sosiodrama Bung Karno di Akmil Magelang, Puan Berpesan Jas Merah

Jangan lupa sama sejarah. Kita ini generasi muda niatnya tentu menjaga NKRI. Jadi kalau kita lupa akarnya.

Puan Maharani, Prabowo Subianto, dan Megawati Soekarnoputri

Magelang, Jurnas.com - Ketua DPR Puan Maharani hadir bersama Megawati Soekarnoputri dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di acara peresmian Patung Bung Karno di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020).

Pada momen itu, Puan yang merupakan cucu dari Bung Karno mengaku baru pertama kali menginjakan kaki ke Akademi Militer.

Ia turut serta menyaksikan sosiodrama tentang sejarah Bung Karno yang ikut mendirikan Akademi Militer. Ia pun mengingatkan pentingnya pesan Bung Karno soal Jas Merah.

"Kita sudah lihat sejarahnya di atraksi tadi. Bahwa Akademi Militer Magelang enggak bisa lepas dari beliau. Artinya Jas Merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Saya tentu berharap ini bukan sekedar patung. Tapi selama Akademi Militer Magelang ada, jadi tonggak sejarah, bahwa kita enggak boleh lupa siapa yang mendirikan Akademi Militer Magelang," kata Puan.

Kepada para taruna-taruni Akademi Militer Magelang, Puan menegaskan bahwa menjaga NKRI adalah tujuan utama.

"Jangan lupa sama sejarah. Kita ini generasi muda yang sekarang jadi taruna-taruni datang ke situ (Akademi Militer) niatnya maunya apa? Niatnya tentu menjaga NKRI. Jadi kalau kita lupa akarnya," tegas Ketua DPP PDIP itu.

Di tempat yang sama, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, memang ada alasan mendirikan patung proklamator bangsa tersebut. Yang menurut Andika, itu semua membutuhkan evaluasi.

"Kita ingin memberikan penghargaan secara proposional, semua yang berafiliasi dengan militer academy (akademi militer). Presiden Sukarno yang punya afiliasi langsung dengan akademi militer, sudah saatnya mendapatkan penghargaan yang proposional. Itulah kita wujudkan dalam bentuk patung," kata Andika.

Sehingga, dengan adanya hal tersebut, para perwira muda TNI AD tahu bagaimana cerita sebenarnya.

"Sehingga, generasi muda, perwira-perwira TNI Angkatan Darat mereka tahu bagaimana cerita sebenarnya dan ditengah kesulitan saat itu, tetapi dengan kemauan keras melahirkan satu sekolah militer dalam level akademi, yang dimiliki oleh negara-negara maju, merupakan suatu pikiran keras yang harus dijadikan contoh bagi mereka semua," pungkasnya.

KEYWORD :

Akademi Militer Jas Merah Bung Karno




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :