Jum'at, 26/04/2024 05:58 WIB

Resmikan Patung Bung Karno, Megawati dan Prabowo Bertemu di Akmil Magelang

Banyak anak bangsa yang kerap melupakan sejarah. 

Megawati, Prabowo, dan Puan Maharani di Akmil Magelang

Magelang, Jurnas.com - Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, kedatangan tamu-tamu istimewa pada hari ini (7/2/2020). Yakni Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri, yang hendak menghadiri peresmian Patung Bung Karno yang dipajang di hall utama Akmil.

Selain peresmian patung proklamator RI itu, Akmil juga menggelar kuliah umum diisi oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati.

Megawati tiba di Akmil Magelang dengan didampingi jajaran partainya. Seperti Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, dan Wasekjen Utut Adianto. Tampak juga sejumlah anggota DPR dari PDIP.

Sebelum Megawati, sudah hadir lebih dulu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan mereka duduk bersebelahan. Sementara Ketua DPR Puan Maharani duduk berdekatan dengan Gubernur Akmil Mayjen (TNI) Dudung Abdurachman.

Sejumlah pejabat negara juga hadir. Yakni Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal (TNI) Andika Perkasa, Inspektur Jenderal TNI Letjen Muhammad Herindra, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, dan Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo datang bersama Bendahara Umum PDIP yang juga Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, Bupati Magelang Zaenal Arifin, serta para perwira TNI dan pejabat daerah lainnya. Tampak juga mantan Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) AM. Hendropriyono.

Rombongan itu disambut oleh jajaran Akmil yang dipimpin oleh Mayjen (TNI) Dudung Abdurachman, dengan jajar kehormatan Drumband Akademi Militer Genderang Seruling Canka Lokananta.

"Pada hari ini, Jumat 7 Februari 2020, prasasti dan patung presiden Indonesia kesatu Ir. Soekarno saya nyatakan diresmikan," kata Megawati.

Ia mengakui bahwa momen peresmian patung Soekarno itu sudah lama ditunggu-tunggu keluarga besarnya. Sebab cucu-cucu Bung Karno banyak yang bertanya.

"Sering menanyakan. Menurut cerita, katanya kakek mendirikan akademi militer. Tentu saya ditanya ada tidak patungnya? (Saya jawab, red) Tidak ada," ujar Megawati.

Dari situ, Megawati mengaku berpikir kenapa banyak anak bangsa yang kerap melupakan sejarah. Padahal di negara di mana pun di dunia, sangat penting menunjukkan jati diri kita sebenarnya sebagai sebuah bangsa.

Dan kini, setelah menunggu kurang lebih dua bulan lalu, akhirnya patung Bung Karno selesai serta segera diresmikan.

"Saya ucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya. Karena sebenarnya kepala keluarga besar Bung Karno itu adalah kakak saya, Pak Guntur Soekarnoputra yang pada hari ini menyerahkan tugas kepada saya," ujar Megawati.

"Kami keluarga besar Bung Karno mengucapkan beribu terima kasih atas dibuatnya patung Bung Karno, presiden pertama, proklamator, pahlawan nasional," tambah Megawati.

KEYWORD :

Patung Bung Karno Akmil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :