Sabtu, 20/04/2024 16:01 WIB

Militer AS Klaim Tewaskan Pemimpin Al Qaeda

Al-Rimi adalah pemimpin salah satu cabang paling kuat dari jaringan teroris, menjadi target utama bagi pemerintah AS yang menawarkan hadiah $ 10 juta yanh bisa menewaskannya

Bulan lalu, militer AS mengatakan telah menewaskan 37 pejuang dari kelompok yang terkait al-Qaeda (Foto: Al Jazeera)

Jakarta, Jurnas.com - Pemimpin afiliasi Al-Qaeda di Yaman tewas dalam serangan udara AS yang diperintahkan oleh Donald Trump, Kamis (06/02) malam.

Qassim al-Rimi, yang memimpin Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), dilacak selama beberapa bulan menggunakan pengawasan udara dan sumber-sumber intelijen lainnya sebelum serangan udara dilakukan.

Dilansir Nzherald, serangan itu dilaporkan minggu lalu dan diperkirakan telah dilakukan awal Januari, tetapi ini adalah konfirmasi resmi pertama kematian al-Rimi.

Al-Rimi adalah pemimpin salah satu cabang paling kuat dari jaringan teroris, menjadi target utama bagi pemerintah AS yang menawarkan hadiah $ 10 juta yanh bisa menewaskannya.

Kematian jihadis adalah pukulan besar bagi kelompok teror itu, yang telah merencanakan beberapa serangan terhadap sasaran di AS dan Eropa.

"Kematian Al-Rimi semakin menurunkan AQAP dan gerakan global Al-Qaeda, dan itu membawa kita lebih dekat untuk menghilangkan ancaman yang ditimbulkan oleh kelompok-kelompok ini terhadap keamanan nasional kita," bunyi pernyataan gedung putih.

Al-Rimi mengaku bertanggung jawab atas penembakan mematikan pada Desember di Stasiun Udara Naval Pensacola di mana seorang kadet perwira Saudi membunuh tiga pelaut Amerika.

Trump mengatakan AS dan sekutunya lebih aman akibat kematiannya. "Kami akan terus melindungi rakyat Amerika dengan melacak dan memusnahkan teroris yang berusaha melukai kami," kata Trump.

Sementara Trump mengkonfirmasi laporan bahwa Al-Rimi telah terbunuh, dia tidak mengatakan kapan operasi AS dilakukan atau menawarkan rincian tentang bagaimana itu dilakukan.

Pada akhir Januari, dugaan serangan pesawat tak berawak AS menghancurkan sebuah bangunan yang menampung militan al-Qaeda di Yaman timur. Pekan lalu, Trump me-retweet beberapa tweet dan laporan media lainnya yang tampaknya menawarkan konfirmasi bahwa serangan itu telah membunuh al-Rimi.

KEYWORD :

Pemimpin Al Qaeda Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :