Sabtu, 20/04/2024 23:09 WIB

Dua Sekolah Ini Buka Beasiswa Tahfidz hingga Akademik, Minat?

Terdapat beragam kategori beasiswa yang tersedia, mulai dari hafalan Alquran, akademik, leadership (kepemimpinan), seni, olahraga, hingga bakat khusus.

Siswa sekolah (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Dua sekolah bertaraf internasional di Aceh, Fatih Bilingual School dan Teuku Nyak Arif Bilingual School membuka peluang beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi di Indonesia.

Terdapat beragam kategori beasiswa yang tersedia, mulai dari hafalan Alquran, akademik, leadership (kepemimpinan), seni, olahraga, hingga bakat khusus.

Kepala Sekolah SMP-SMA Fatih Bilingual School Nur Wijayanto mengatakan, dibukanya beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, sekaligus membantu anak-anak di wilayah yang pernah dilanda tsunami Aceh beberapa tahun lalu.

"Kami sediakan untuk anak-anak kita yang berprestasi dan ini dilakukan setiap tahun," terang Nur Wijayanto di Jakarta pada Rabu (5/2).

FAST atau Fatih Scholarship Selection merupakan beasiswa yang diberikan kepada siswa-siswi yang ada di Indonesia, untuk mengecap pendidikan bertaraf internasional selama tiga tahun di Fatih Bilingual School dan Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual
School.

Siswa yang menerima beasiswa jalur akademik diarahkan untuk dibina dalam tim olimpiade atau tim penelitian sekolah. "Untuk kategori tahfidz dicari siswa yang mampu menghafal sebanyak mungkin al-Quran sampai dengan 30 juz," ujar dia.

Sementara beasiswa leadership khusus diberikan kepada calon siswa SMA yang berminat melanjutkan pendidikan tingginya di bidang pendidikan, dan bersedia membina adik-adik kelasnya di asrama sekolah.

Sudah menjadi program tahunan bagi Fatih Bilingual School dan Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School untuk memberikan beasiswa kepada siswa-siswi berprestasi di Indonesia, sejak pertama kali sekolah ini didirikan yaitu pada 2005 di Banda Aceh.

"Beasiswa ini terbuka untuk seluruh pelajar yang berkewarganegaraan Indonesia," jelas dia.

Beasiswa ini diberikan kepada siswa-siswi SD kelas 6 sebagai calon penerima beasiswa SMP, dan siswa-siswi SMP kelas 9 sebagai calon penerima beasiswa SMA.

Beasiswa seni diberikan dalam berbagai kategori seni yang sangat luas, meliputi kemampuan olah vokal, bermain instrumen musik, melukis, seni kriya, dan seni lainnya.

Seperti halnya seni, beasiswa olahraga juga meliputi berbagai bidang, namun diutamakan bidang-bidang olahraga yang diperlombakan dalam O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional). Adapun untuk bakat khusus tidak dibatasi.

"Program ini akan digelar dalam dua tahap yakni babak penyisihan akan diselenggarakan secara online dan offline dimana akan terpilihnya siswa siswi terbaik untuk mengikuti babak final," ujar Ketua Panitia FAST 2020 Gulbuddin Hikmatyar.

Pada tahun 2020 ini, pendaftaran untuk beasiswa ini telah dibuka sejak tanggal 1 Desember hingga 7 Februari mendatang, khusus bagi yang mengikuti penyisihan daring.

Adapun babak penyisihan akan dilakukan pada tanggal 8 Februari 2020 secara daring, dan dapat dilakukan secara offline di sekolah mitra FAST yang tersebar di beberapa kabupaten di Provinsi Aceh. Babak final akan digelar pada 21-23 Februari 2020.

KEYWORD :

Beasiswa Pendidikan Sekolah Internasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :