Sabtu, 20/04/2024 15:59 WIB

Panja Komisi III DPR Dorong Kasus Jiwasraya Cepat Tuntas

Panja PT Asuransi Jiwasraya bentukan Komisi III DPR mendorong Kejaksaan Agung (Kejagung) segera menuntaskan kasus dugaan korupsi puluhan triliun tersebut.

Ketua Komisi III DPR, Herman Herry

Jakarta, Jurnas.com - Panja PT Asuransi Jiwasraya bentukan Komisi III DPR mendorong Kejaksaan Agung (Kejagung) segera menuntaskan kasus dugaan korupsi puluhan triliun tersebut. Sehingga, uang para nasabah dapat segera dikembalikan.

Ketua Panja hukum Jiwasraya, Herman Herry mengatakan, tujuan pembentukan Panja Jiwasraya bukan untuk mengintervensi kasus. Melainkan, untuk mengawasi proses hukum agar transparan dan profesional.

"Tetapi melakukan fungsi pengawasan bahkan mungkin mensupport, mendorong supaya kasus cepat selesai dan bagaimana secepatnya mengembalikan uang nasabah yang digelapkan, itu kira-kira tujuan Panja," kata Herman, seusai pembentukan Panja Pengawasan Hukum Jiwasraya, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/2).

Herman mengatakan, jumlah anggota Panja 27 orang plus lima pimpinan Komisi III DPR, total 32 orang. Adapun agenda pertama Panja akan mengundang Jampidsus dan Direktur Penyidikan Kejaksaan Agung (Kejagung) beserta jajarannya pekan depan, Kamis (13/2).

"Jadi semua pihak dijajaran Jampidsus yang menangani kasus ini tujuannya kami ingin mendapat masukan sudah sejauh mana penanganan perkara Jiwasraya," kata Herman.

Herman berharap, dalam rapat dengar pendapat dengan Jampidsus dan para penyidik, semua anggota Panja tidak membuka informasi yang sedang didalami proses penyidikan. Mengingat kasus ini sedang dalam proses penyidikan di Kejagung.

"Anggota Panja dan pimpinan Panja harus menghargai jika ada hal-hal yang masih bersifat rahasia penyidikan perkara, jadi tadi saya minta supaya jangan sampai semua hal yang masih sifatnya rahasia dibuka ke Panja," tegasnya.

Berikut daftar nama anggota Panja Pengawasan Penegakan Hukum Jiwasraya yang sudah terbentuk Komisi III DPR:

Ketua Komisi III dari Fraksi PDI-P Herman Herry, Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Golkar Adies Kadir, Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Gerindra Desmon J. Mahesa, Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi NasDem Ahmad Sahroni, Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi PAN Mulfachri Harahap.

Anggota Komisi III dari Fraksi PDI-P, yakni Trimedya Panjaitan, M. Nurdin, I Wayan Sudirta, Ichsan Soelistio, dan Masinton Pasaribu.

Kemudian dari Fraksi Golkar, yakni Aziz Syamsuddin, Andi Rio Idris Padjalangi, Supriansa, dan Sari Yuliati. Dari Fraksi Gerindra, yakni Habiburokhman, Romo H.R. Muhammad Syafi`i, Wihadi Wiyanto, dan Bambang Haryadi.

Selanjutnya dari Fraksi NasDem, yakni Taufik Basari, Ahmad Ali, dan Eva Yuliana. Dari Fraksi PKB, yakni Cucun Ahmad Syamsurijal, Luqman Hakim, dan Moh. Rano Al Fath.

Lalu dari Fraksi Demokrat, yaitu Mulyadi, Hinca Panjaitan, Benny Kabur Harman. Dari Fraksi PKS, yakni Habib Aboe Bakar Al-Habsyi, Achmad Dimyati Natakusumah.

Terakhir dari Fraksi PAN Sarifuddin Sudding, Pangeran Khairul Saleh, serta dari Fraksi PPP Arsul Sani.

KEYWORD :

Ketua Komisi III DPR Herman Herry Panja Jiwasraya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :