Jum'at, 19/04/2024 08:57 WIB

Meme Fadjroel Serang Sri Mulyani di Sosmed

Meme Fadjroel dan Sri Mulyani yang beredar di jejaring twitter dan whatsap./foto:twitter

Jakarta - Meme Fadjroel Rachman, yang sedang  menuntut mundurnya Sri Mulyani menjadi viral di media-media sosial, seperti WhatsApp dan twitter. Fadjroel Rachman, mantan aktivis yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Adhi Karya itu mulai lunak dan tak garang lagi.

Sosok aktivis yang pernah mencalonkan diri sebagai Calon Presiden Independen pada tahun 2009 itu memang sangat kritis. Pada tahun 2010, ia dengan terang-terangan menuntut mundurnya Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan) dan Boediono (Wakil Presiden) yang diduga ikut terlibat dalam skandal Bank Century.

Belakangan, sebagai pendukung setia Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia mulai berubah lunak dan tampak ramah dengan kehadiran Sri Mulyani Indrawati. Perempuan yang masuk sebagai salah satu Wanita Paling Berpengaruh versi majalah Forbes itu kini dipanggil pulang Presiden Jokowi, dan diangkat lagi menjadi Menteri Keuangan (Menkeu) menggantikan Bambang PS Brodjonegoro.

Sri Mulyani sendiri pernah menjabat sebagai Menkeu era Presiden SBY pada tahun 2005-2010. Sejak kasus Century berkelindan dengan politik, Sri Mulyani pun mundur dan melanjutkan karir sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Kinerja Sri Mulyani moncer. Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, memujinya sebagai perempuan yang mampu menangani sektor publik Bank Dunia dengan baik.

Kini Sri Mulyani pulang lagi ke Indonesia. Perempuan dengan karir cemerlang itu memenuhi panggilan Presiden Jokowi untuk melanjutkan tugas sebagai Menteri Keuangan. Banyak pengamat bilang, tugas berat Sri Mulyani berkaitan dengan dana-dana Tax Amnesty yang harus bisa dipulangkan kembali ke Indonesia.

Kembalinya Sri Mulyani mengabdi kepada bangsa ini menjadi meme yang banyak menarik perhatian dikaitkan dengan ungkapan-ungkapan Fadjroel pada tahun 2010 lalu. Menariknya, sekarang mereka pada haluan yang sama, ikut mendayung kapal besar pemerintahan Jokowi-JK.

Sementara itu, Mahfud MD, saat mendapat meme kiriman tersebut ikut berkomentar melalui tuitnya @mohmahfudmd, "Zaman berubah, penilaian berubah. Apalagi dalam politik. Dukung saja, tak usah membuka luka lama. Masak tidak move on." Sebuah kalimat yang enak didengar dan mengajak untuk menatap ke arah yang lebih baik dilontarkan oleh mantan ketua Mahkamah Konstitusi tersebut. 

Meme-meme yang beredar di media sosial, sedikit "mengecam" perubahan sikap dan penuturan Fadjroel yang terkenal tanpa kompromi tersebut. Meski begitu, banyak juga yang menilai sikap aktivis yang pernah merasakan lantai Sukamiskin dan Nusakambangan itu hal yang wajar dalam politik. Ya, memang begitulah politik.[]

KEYWORD :

fadjroel rachman sri mulyani menteri keuangan presiden jokowi meme fadjroel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :