Sabtu, 20/04/2024 18:16 WIB

Menteri Desa Baru Lanjutkan Pendahulunya

Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang baru, usai serah terima jabatan pada Rabu (27/7) malam di Jakarta./foto:sifan

Jakarta - Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) yang baru, mengatakan akan fokus untuk mempercepat pembangunan desa.

Demikian ungkap Eko Putro Sandjojo pada Rabu (27/7) malam di Jakarta, usai serah terima jabatan dengan penjabat lama Marwan Jafar dalam keterangan persnya di hadapan media.

"Pesan Presiden cuma satu, percepat pembangunan desa," kata pria yang pernah masuk dalam Tim Transisi saat pilpres 2014 lalu.

Menurutnya, apa yang perlu dilakukan sekarang adalah mempercepat pembangunan desa agar lebih berkembang, terutama dengan program-program yang dapat menyerap tenaga kerja.

"Kami akan lebih mendorong lagi dengan pembentukan badan usaha desa, karena badan ini akan menjadi sumber modal dan menjadi 'satu kendaraan' yang dapat dimanfaatkan untuk KUR atau Koperasi Simpan Pinjam untuk membuat sarana pascapanen sesuai dengan kebutuhan di desa tersebut," ungkap Eko.

Menteri Desa yang baru ini juga diharapkan melanjutkan pekerjaan Menteri Desa pendahulunya, yaitu Marwan Jafar. Eko yang menyebut dirinya cukup denkat dengan Marwan itu akan melanjutkan semua yang baik untuk masyarakat. Namun, menurut Eko, yang dihadapi sekarang adalah kesiapan sumber daya manusia (SDM), koordinasi dengan Kementerian lain seperti Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN, dan lainnya.

Menurut Eko, apa yang telah dilakukan pendahulunya sudah luar biasa mengingat Kementerian yang dipimpinnya sekarang merupakan Kementerian baru hasil penggabungan dari tiga Kementerian sekaligus. Dan tentu tidak mudah memulainya.

Sementara itu, mantan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, dalam pidato singkatnya mengatakan bahwa dirinya dan penerusnya ini cukup dekat dan sebelumnya sudah sangat sering bertemu untuk bertukar pikiran termasuk terkait pembangunan desa.

Marwan meyakini bahwa penerusnya ini, Eko Putro Sandjojo, sudah banyak mengetahui luar dalam persoalan terkait desa. Oleh karena itu Marwan percaya bahwa pekerjaan yang belum rampung akan bisa direalisasikan oleh pelanjutnya tersebut.[]

KEYWORD :

menteri desa eko putro sandjojo sertijab presiden jokowi pembangunan desa kementerian desa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :